Kenali Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengobatinya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 611 2420983 kenali-penyebab-jerawat-punggung-dan-cara-mengobatinya-5soLccj09X.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SETIAP jenis jerawat tidak pernah menyenangkan. Jerawat di punggung tidak hanya menjadi masalah ketika kita ingin menikmati musim panas dengan mengenakan tanktop dan baju renang, tetapi juga bisa sangat menyakitkan.

Seperti setiap jenis jerawat lainnya yang terbentuk di kulit, jerawat yang terbentuk di punggung juga mulai terbentuk ketika folikel rambut di bawah permukaan kulit tersumbat.

Pori-pori di bagian belakang jauh lebih besar daripada di wajah, yang membuat bagian belakang menjadi sasaran empuk untuk produksi sebum yang berlebihan. Jerawat di punggung terjadi ketika ada kelebihan produksi minyak yang menyebabkan penumpukan bakteri.

Hal ini pada gilirannya menyebabkan peradangan pada kelenjar yang menghasilkan minyak, menyebabkan jerawat berkembang. Genetika dan keringat juga diketahui berkontribusi terhadap jerawat dan memperburuknya.

Baca Juga : 5 Potret Maria Vania yang Memesona Rider MotoGP Sampai Ajak Bertemu

Karenanya, dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Pinkvilla pada Rabu (2/6/2021), berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan jerawat di punggung.

Minyak pohon teh

Ini adalah minyak efektif yang dapat digunakan untuk melawan peradangan dan jerawat, minyak pohon teh membantu membunuh bakteri pada kulit dan dengan demikian meredakan area yang meradang. Menerapkan gel minyak langsung ke setiap jerawat di punggung untuk mengurangi jerawat yang diperparah.

Baca Juga : Kumpulan Meme Kocak Anya Geraldine Olahraga Ditemani Netizen Bikin Ngakak!

Pengelupasan kulit

Jerawat

Meskipun tidak disarankan untuk menggosok kulit Anda menggunakan sikat, namun pengelupasan kulit membantu menghilangkan sebum dan kotoran ekstra dari lapisan atas kulit.

Pastikan Anda tidak menggosok kulit terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi dan mengelupas kulit lapisan atas, yang menyebabkan bekas jerawat.

Jangan biarkan kondisioner rambut mengalir di punggung Anda

Rambut panjang yang tertinggal di punggung dapat menambah minyak dan kotoran yang ada di kulit. Sering kali, cobalah mengikat rambut Anda menjadi kuncir kuda atau menjepitnya ketika Anda berkeringat.

Saat mencuci rambut dan mengoleskan kondisioner setelah keramas, jangan biarkan kondisioner mengalir di punggung karena mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini