5 Sambal Paling Digemari Masyarakat Indonesia, Mana Favoritmu?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 298 2421336 5-sambal-paling-digemari-masyarakat-indonesia-mana-favoritmu-sFVHfd9IuI.jpg Ilustrasi sambal favorit di Indonesia. (Foto: Jcomp/Freepik)

MASYARAKAT Indonesia mayoritas menyukai makanan pedas. Jadi tidak heran bila banyak masakan Nusantara yang disajikan dengan pelengkap sambal. Bahkan, beberapa orang mengaku hambar jika makanan yang disantap tanpa sambal.

Nah, saking cintanya dengan citarasa pedas, sambal pun memiliki berbagai macam nama. Beda nama sambal, biasanya beda pula bahan-bahan dan cara membuatnya.

Sebagaimana dirangkum MNC Portal, Senin (7/6/2021), berikut ini lima jenis sambal yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Baca juga: Begini Reaksi Juara MasterChef Indonesia Ketika Makan Ayam Bakar Pinggir Jalan 

1. Sambal bawang

Pencinta pedas wajib mencoba sambal yang satu ini. Pasalnya, sambal bawang memiliki citarasa superpedas. Untuk mengolahnya diperlukan cabai rawit, gula, dan garam. Sambal bawang akan lebih pas disajikan bersama tempe atau ayam goreng.

Jenis sambal ini mudah untuk membuatnya. Anda tidak butuh waktu lama juga untuk menyiapkan bahannya. Akan tetapi, siap-siap menyediakan air minum ya saat menyantapnya, karena bisa jadi rasanya terlalu pedas.

Sambal bawang. (Foto: Instagram @liu_inyudi)

Baca juga: Resep Telur Sambal Padang, Gurihnya Bikin Nagih 

2. Sambal terasi

Sambal terasi tentu sudah tidak asing di telinga publik dalam negeri. Ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menggemari sambal terasi. Cara pengolahannya pun terbilang mudah dan rasanya memiliki kelezatan yang khas.

Olahan jenis sambal terasi biasanya disajikan dengan ikan goreng. Akan lebih mantap jika penyajiannya disertai dengan nasi hangat. Sambal terasi memiliki rasa paduan gurih dan manis yang pas.

Sambal terasi. (Foto: Instagram @meily_chin)

3. Sambal ijo

Sambal ijo merupakan olahan sambal berikutnya yang bisa Anda andalkan di rumah. Perbedaan terbesar dari sambal lainnya adalah sambal ini memakai cabai hijau dan tomat hijau.

Sama dengan sambal lainnya, jenis sambal ini disantap bersama aneka jenis lauk maupun campuran nasi. Sambal ijo umumnya bisa kita jumpai di sajian makanan di rumah-rumah makan Padang. Tapi, Anda juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

Sambal ijo. (Foto: Instagram @meily_chin)

Baca juga: Resep Sambal Matah Cocok Disajikan dengan Ayam Goreng, Dijamin Maknyus! 

4. Sambal mangga muda

Mangga muda biasanya identik untuk para ibu hamil. Rasanya yang asam bikin nagih siapa saja yang mencobanya. Kendati demikian, mangga muda bukan melulu untuk ibu hamil saja loh, siapa saja bisa kok mengonsumsi mangga yang satu ini.

Salah satu olahan mangga muda paling populer adalah rujak buah. Meski demikian, ada lagi olahan yang lebih populer yakni sambal mangga muda. Cocok untuk menjadi pendamping makan nasi, sambal ini memiliki rasa yang unik, karena selain pedas, sambal ini memiliki rasa asam segar yang dihasilkan dari buah mangga muda.

Sambal mangga. (Foto: Instagram @doyanpedash)

5. Sambal korek

Bahan sambal korek biasanya terdiri dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan sedikit garam. Jenis sambal ini cocok bila dinikmati dengan makanan yang digoreng. Proses pembuatannya begitu sederhana dan juga cepat.

Kendati demikian saat membuat sambal yang satu ini harus hati-hati ya. Karena jika salah mengolah maka sambal korek akan mengeluarkan aroma langu. Pastikan Anda memakai minyak yang digunakan benar-benar panas. Anda bisa memanaskannya hingga minyak hampir berasap supaya olahannya jadi lebih sempurna.

Baca juga: 5 Tips Simpan Sambal Botolan di Rumah agar Awet dan Tetap Lezat 

Sambal korek. (Foto: Instagram @kenyangmakan)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini