12 Makanan Ini Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 298 2421589 12-makanan-ini-baik-untuk-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-m92FWWUYOJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TEKANAN darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya. Sebab, hipertensi penyakit yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

Jangan abaikan penyakit tekanan darah tinggi, segera periksakan ke dokter. Mengabaikan kondisi ini dapat menyebabkan masalah besar, seperti memicu serangan jantung dan stroke, serta beberapa penyakit lainnya.

Oleh karena itu, penting menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat agar selalu aktif serta terhindar dari tekanan darah tinggi.

Berikut ini 12 makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dirangkum dari laman Times of India.

Baca juga: Hindari Hipertensi, Spesialis Jantung: Makin Gurih Makanan, Harus Dicurigai 

1. Pisang

Mengonsumsi pisang adalah pilihan yang bagus untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil. Hal ini dikarenakan bahwa pisang mengandung potassium. Pisang membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi Anda. Ini juga mengurangi risiko stroke dan membantu pembuluh darah rileks dan membuat dinding arteri berfungsi secara efiktif.

2. Gandum

Biji-bijian dalam gandung utuh memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Menambahkan gandum dan sereal dalam sarapan membantu Anda tetap aktif sepanjang hari dan membuat kenyang lebih lama. Hal ini juga menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Bayam

Sayuran hijau kaya akan zat besi, serat magnesium, dan folat. Sayuran seperti bayam adalah makanan yang bergizi. Manfaat yang terkandung dari bayam ini membantu dalam menurunkan tekanan darah. Hal tersebut akan membuat jantung Anda tetap sehat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kandungan potasium yang bagus yang menjaga kadar natrium tetap rendah dan tekanan darah tetap stabil. Selain itu, mengonsumsi ubi Jalar dapat melancarkan pencernaan dan membantu melawan kanker.

Baca juga: 7 Cara Mudah dan Sehat Cegah Gejala Hipertensi 

5. Minum susu skim

Susu skim adalah minuman susu yang tidak mengandung lemak tubuh dan rendah kalori. Kandungan yang terdapat pada susu skim berupa serat, kalsium, dan vitamin D. Susu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperkuat tulang. Susu skim juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Semangka

Buah semangka kaya serat untuk meningkatkan kesehatan. Nutrisi yang berupa vitamin A, potasium, dan likopen. Ini semua adalah nutrisi penting yang memiliki efek menurunkan tekanan darah.

7. Jeruk

Buah jeruk dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap ideal. Itu disebabkan buah jeruk kaya akan vitamin C dan serat yang juga membantu mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. Baik itu dengan diminum dalam bentuk jus jeruk segar atau makan buahnya.

8. Cokelat hitam

Mengonsumsi sekotak cokelat hitam setiap hari membantu menurunkan tekanan darah. Hal itu dikarenakan cokelat kaya flavonoid. Pastikan setidaknya terdapat 50 hingga 70 persen kandungan kakao di dalam kemasan cokelat hitam.

Baca juga: Banyak Tak Disadari Penderita, Berapa Banyak Garam Sehari agar Tak Hipertensi? 

9. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung sarat dengan vitamin E, serat, protein, dan asam folat. Makan hanya segenggam biji bunga matahari tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung tetapi juga menjaga tekanan darah Anda terkendali.

10. Jus anggur

Mengonsumsi jus anggur mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Sebab jus anggur memiliki antioksidan tinggi, serat, asam folat serta polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dari serangan penyakit agar tetap sehat.

Baca juga: Waspada! Hipertensi Bisa Menyerang Anak Muda, Ini Cara Mencegahnya 

11. Kacang polong

Mangonsumsi kacang polong dalam diet Anda adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kacang polong memiliki nutrisi serat l, kalium, dan magnesium. Ini semua sumber penting untuk menjaga tingkat tekanan darah yang ideal.

12. Buah beri

Buah beri mengandung antosianin, flavonol, dan polifenol. Selain itu nutrisi yang didapat dari buah beri juga kaya akan serat, potassium, dan vitamin C. Oleh karena itu, buah beri sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung serta menjaga tekanan darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini