Kebutuhan Energi untuk Kamu yang Hobi Olahraga

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 481 2421089 kebutuhan-energi-untuk-kamu-yang-hobi-olahraga-plfh84eFqh.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PARA Atlet renang, seperti I Gede Siman Sudartawa, sering kesulitan mengatur pola makan, di samping latihannya yang membutuhkan energi ekstra. Maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika mengalami masalah sama.

Perwakilan Ajinomoto Indonesia Katarina Larasati menuturkan, renang adalah olahraga yang membutuhkan konsumsi energi yang tinggi. Namun, salah satu tujuan Siman adalah untuk mengurangi lemak tubuhnya juga.

"Meal plan penting dibuat, tentu dengan keseimbangan protein hewani terbaik untuk mengurangi lemak tubuh dengan tetap menjaga energinya," katanya lewat keterangan resmi Kachimeshi Indonesia.

 Protein

Seperti yang dilakukan oleh Siman, dibimbing oleh Pelatih Albert Sutanto, menjalani program meal plan yang baik. Hasilnya sejauh ini, status tubuhnya membaik sesuai rencana, dan tingkat performanya juga meningkat dibandingkan sebelumnya.

"Ini jelas menunjukkan bahwa makanan bergizi seimbang adalah kunci untuk mencapai fisik yang unggul untuk mencapai performa yang lebih baik," tambahnya.

Ditanggapi Pakar Gizi Emilia Achmadi, nutrisi merupakan aspek penting bagi kesehatan dan kinerja atlet secara umum. Pengetahuan tentang sumber energi dasar dapat memberikan informasi penting terkait kebutuhan atlet dalam mengantisipasi cedera dan bagi mereka yang mengalaminya.

"Pendekatan nutrisi telah dianggap sebagai salah satu cara terbaik dalam pencegahan cedera, pemulihan dan rehabilitasi," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini