Mengenal Obat Ivermectin yang Dipakai untuk Atasi Covid-19 di India

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 481 2421343 mengenal-obat-ivermectin-yang-dipakai-untuk-atasi-covid-19-di-india-89gEeLvsor.jpg Obat Covid-19. (Foto: Freepik)

OBAT Covid-19 Ivermectin siap diproduksi di Indonesia. Obat ini diketahui bisa menyembuhkan pasien corona di India.

Di India, obat tereebut berhasil menurunkan jumlah kematian hingga 25 persen. Atau juga memangkas jumlah orang yang terinfeksi hingga 80 persen di negara itu.

Sofia Koswara dari Harsen Laboratories, mengatakan, di New Delhi kasus terinfeksi yang memuncak 28,395 orang pada 20 April lalu turun secara drastis menjadi 6.430 orang pada 15 Mei. Kematian juga turun sekitar 25 persen pada bulan yang sama.

“Obat ini sebenarnya juga sudah dipakai ribuan orang di Indonesia sejak September tahun lalu. Hasilnya sangat bagus,” kata Sofia.

Ahli Paru dari Persatuan Dokter Paru Indonesia ( PDPI ) Dr. Budhi Antariksa PhD. Sp. P (K), bahkan memimpin uji klinis obat  dengan Balitbangkes, Kemenkes di RS Persahabatan dan RS Sulianti.

 Obat

“Pemerintah sudah berikan segala upaya untuk menanggulangi musibah ini, dari obat-obatan dan pelayanan kesehatan bagi warganya."

"Obat yang mempunyai potensi melawan Covid-19 juga dipersiapkan,” terang Budhi.

Dijelaskan Budi lebih lanjut, obat Covid-19 itu merupakan obat minum dan memiliki potensi menghambat pembelahan atau anti replikasi virus. "Serta memiliki kemampuan sebagai anti peradangan,” tutur Budhi.

Obat akan dibagikan di daerah yang saat ini menderita paling parah, yakni Kudus.

Dokter Budhi membenarkan hal itu. Ya, Kudus saat ini statusnya adalah zona hitam. Diperlukan segala upaya untuk mengatasinya.

"Obat akan diberikan kepada warga Kudus sebagai langkah terapi virus Covid-19 dan juga sebagai obat pencegahan,” kata Budhi.

Ia menambahkan, pemberian obat dilakukan dengan tetap memerhatian standar penanggulangan Covid-19 dan kewajiban warga Kudus harus menerapkan perilaku 5M.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini