Menkes Budi Ungkap Penyebab Melonjaknya Kasus Covid-19 di Kudus dan Bangkalan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 481 2421345 menkes-budi-ungkap-penyebab-melonjaknya-kasus-covid-19-di-kudus-dan-bangkalan-7hp2Qny2sw.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Setpres)

SITUASI pandemi covid-19 di Tanah Air makin memprihatinkan. Saat ini terjadi peningkatan kasus covid-19 akibat libur panjang. Tentunya kondisi ini sangat berpengaruh pada ketersediaan tempat tidur perawatan yang ada di rumah sakit.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan saat ini memang sedang terjadi peningkatan kasus covid-19 yang cukup tinggi di sejumlah wilayah. Di antaranya adalah Kudus dan Bangkalan.

Baca juga: Menkes Minta Ganjar Bantu Bupati Kudus Tangani Kasus Covid-19 yang Melonjak 

"Khususnya Kudus yang tadinya rumah sakit hanya terisi sekira 40-an, kemudian dalam 1,5 minggu terakhir naik cukup tinggi sampai 150-an," terang Menkes Budi ketika memberikan keterangan pers secara virtual di kanal YouTube Sekertariat Presiden, Senin (7/6/2021).

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Hal yang sama pun terjadi di Bangkalan, Jawa Timur. Awalnya tempat tidur isolasi pasien berisi 10-an, tapi dalam 1,5 minggu naik ke angka 60 hingga 70-an. Melonjaknya kasus covid-19 ini karena adanya peningkatan secara spesifik di klaster Kudus dan Bangkalan.

Baca juga: Menkes Budi: Ayo Divaksin, Pastikan Ayah-Ibu dan Kakek-Nenek Sudah Mendapatkannya 

Dalam kesempatan itu, Menkes Budi pun memberikan penjelasan mengapa Kudus dan Bangkalan menjadi wilayah dengan jumlah kasus covid-19 yang meningkat tajam.

"Karena memang Kudus adalah daerah ziarah. Sementara Bangkalan banyak pekerja migran Indonesia yang pulang dari negara tetangga," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini