Teh Hitam vs Teh Hijau, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 481 2421371 teh-hitam-vs-teh-hijau-mana-yang-lebih-bermanfaat-te9xIqU5iJ.jpeg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TEH hijau dinilai paling sehat dibanding teh hitam atau oolong. Kandungan teh hijau ini sangat baik untuk kesehatan.

Guru Besar Universitas Airlangga (UNAIR) Prof. Dr. Djoko Agus Purwanto, Apt., M.Si., mengungkap, teh memiliki sifat antioksidan dari senyawa epigalokatekin galat (EGCG) yang baik untuk kesehatan.

Sementara teh hijau memiliki kandungan epigalokatekin galat dari teh hijau paling tinggi.

 Teh

"Kandungan epigalokatekin galat teh hijau terbukti memiliki sifat antioksidan seratus kali lipat jika dibandingkan dengan antioksidan yang dimiliki vitamin C dan 25 kali lipat dari vitamin E," ungkapnya lewat keterangan resmi MediTea.

Djoko menjelaskan, teh hijau kaya antioksidan, sehingga baik untuk penyembuhan kanker. Walau tidak instan, paling tidak ada peningkatan sistem imun dalam tubuh.

”Dengan sistem ini, perlahan sel kanker dalam tubuh hancur,” katanya.

Jika dibandingkan dengan pengolahan teh pada umumnya, khasiat teh juga akan lebih tinggi melalui proses ekstraksi.

Teh yang diekstraksi sedemikian rupa sehingga memiliki kandungan (-)-epigalokatekingalat (EGCG) yang tinggi. EGCG ini dalam berbagai penelitian telah terbukti sangat ampuh bagi penyembuhan dan pencegahan kanker.

Ditambahkan Djoko, jenis kanker yang dapat diobati maupun dicegah oleh teh hijau adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker usus, kanker paru-paru dan berbagai jenis kanker lainnya.

"Tak hanya itu, teh hijau juga dapat mencegah TBC maupun AIDS dan bersifat antioksidan, serta antiradikal bebas untuk mencegah timbulnya penyakit degeneratif (diabetes melitus, hypertensi, cholesterol, asam urat)," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini