Menkes Rujuk Pasien Covid-19 di Kudus dan Bangkalan ke RS Kota Terdekat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 481 2421391 menkes-rujuk-pasien-covid-19-di-kudus-dan-bangkalan-ke-rs-kota-terdekat-8ZzBZx2rMS.jpg Ilustrasi pasien covid-19. (Foto: Okezone)

LONJAKAN kasus covid-19 terus terjadi di Tanah Air. Saat ini Kudus dan Bangkalan menjadi wilayah yang paling terdampak covid-19 dari imbas libur panjang.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa dirinya sudah melihat secara langsung kondisi dua wilayah tersebut. Pihaknya juga telah mengambil sikap bersama sejumlah instansi terkait untuk mengatasi kondisi ini.

Baca juga: Menkes Budi Ungkap Penyebab Melonjaknya Kasus Covid-19 di Kudus dan Bangkalan 

"Saya sudah hadir ke sana, Kepala BNPB, Kapolri, dan Panglima TNI juga sudah hadir di sana. Karena ini urusannya dengan nyawa, maka kita mengurai tekanan beban yang ada di rumah sakit," terang Menkes Budi saat memberikan keterangan pers secara virtual di kanal YouTube Sekertariat Presiden, Senin (7/6/2021).

Salah satu langkah mengurangi beban rumah sakit adalah dengan cara merujuk pasien yang berat dan sedang ke kota terdekat. Untuk Kudus ke Semarang, untuk Bangkalan ke Surabaya.

"Untungnya kapasitas rumah sakit di Semarang dan Surabaya itu cukup untuk bisa menerima rujukan dari daerah Kudus dan Bangkalan," tambahnya.

Baca juga: Menkes Minta Ganjar Bantu Bupati Kudus Tangani Kasus Covid-19 yang Melonjak 

Selain itu, upaya lainnya pun dilakukan pemerintah, yakni dengan mengirim dokter yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta perawat dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia untuk mengisi serta mengurangi tekanan dari tenaga kesehatan.

"Saat ini tenaga kesehatan cukup banyak yang terpapar covid-19 di Kudus dan Surabaya. Di Kudus ada 300-an lebih tenaga kesehatan yang terpapar. Karena sudah divaksin semua, untungnya kondisi mereka masih baik. Termasuk seorang dokter spesialis yang usianya 70 tahun dan kondisinya pun masih baik," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini