Tekan Kasus Covid-19 di Kudus dan Bangkalan, Menkes Kirim 100 Ribu Vaksin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 481 2421409 tekan-kasus-covid-19-di-kudus-dan-bangkalan-menkes-kirim-100-ribu-vaksin-dkQlCTdNfE.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Wirestock/Freepik)

KONDISI pandemi covid-19 di Tanah Air makin tidak terkendali. Beberapa wilayah seperti Kudus dan Bangkalan mengalami kenaikan kasus positif usai libur panjang. Peningkatan kasus covid-19 ini mengakibatkan tekanan pada rumah sakit di wilayah tersebut.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau semua kepala daerah memastikan protokol kesehatan, yakni dengan mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak harus diperketat, kemudian juga dijelaskan dengan baik.

Baca juga: Menkes Budi Ungkap Penyebab Melonjaknya Kasus Covid-19 di Kudus dan Bangkalan 

"Selain itu kepastian testing-nya. Lakukan testing dengan disiplin dan tolong laporkan secara lengkap. Dengan demikian kita bisa melakukan langkah antisipasi jika menemui ada yang terkena," ujar Menkes Budi saat memberikan keterangan pers virtual via kanal YouTube Sekertariat Presiden, Senin (7/6/2021).

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah tracing. Ia meminta masyarakat tidak menolak tracing apabila terinfeksi covid-19. Misalkan seseorang terinfeksi, maka tidak perlu khawatir untuk di-tracing. Sebab, cara tersebut bisa mengurangi laju penularan.

"Isolasi mandiri kalau sudah terbukti positif adalah hal penting selanjutnya. Sebab penyakit ini 80 persen bisa sembuh sendiri. Tapi membutuhkan tempat isolasi supaya tidak menularkan, sebab musuhnya adalah penularan. Saat ini banyak daerah yang bisa melakukan isolasi mandiri," lanjutnya.

Baca juga: Menkes Rujuk Pasien Covid-19 di Kudus dan Bangkalan ke RS Kota Terdekat 

Menkes Budi juga terus mengupayakan langkah menurunkan kasus positif covid-19, salah satunya menyediakan lebih banyak vaksin dalam upaya memperluas cakupannya. Untuk daerah Kudus dan Bangkalan ada total 100 ribu vaksin covid-19 yang disediakan.

"Khusus daerah Kudus, kami sudah drop 50 ribu vaksin khusus supaya bisa segera disuntikkan. Di Bangkalan juga akan segera kita drop 50 ribu supaya bisa mengurangi risiko penularan," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini