5 Kebiasaan Sehat di Rumah untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 481 2421567 5-kebiasaan-sehat-di-rumah-untuk-tingkatkan-kekebalan-tubuh-fO95z9U1Um.jpg Mengonsumsi madu salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: Freepik)

DI masa pandemi covid-19 seperti sekarang penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan sistem kekebalan tubuh dari sekarang.

Nyatanya memperkuat sistem kekebalan tubuh cukup sulit diterapkan. Kebiasaan buruk yang berlarut-larut akan menyebabkan kurangnya metabolisme tubuh yang nantinya membuat lemas dan lesu sehingga lebih gampang terserang penyakit atau virus.

Baca juga: Kriteria Tenaga Kesehatan yang Dapat Insentif 

Beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperkuat pertahanan alami tubuh serta membantu melawan patogen berbahaya atau organisme penyebab penyakit.

Dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, Anda harus terus fokus pada kebiasaan sehat yang bisa diterapkan di rumah. Apa saja? Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari laman Feminaindia.

1. Kumur dengan minyak kelapa murni

Mulut adalah rumah bagi jutaan mikroba, termasuk bakteri, proses kumur-kumur minyak kelapa murni membantu menyingkirkan bakteri ini melalui sela-sela gigi. Ini tidak hanya meningkatkan kebersihan mulut, tapi juga membantu kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Minyak kelapa murni yang diperas dingin adalah makanan super yang direkomendasikan karena segudang manfaat kesehatannya. Ini adalah sumber yang kaya asam laurat alami dan mengandung Vitamin E yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Minyak tersebut mengandung asam laurat dan asam kaprilat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-virus. Oleh karena itu, menambahkan 2 sendok minyak kelapa murni ke makanan setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mempertahankan gaya hidup sehat dan holistic.

2. Tambahkan berbagai sayuran ke makanan

Buat dan sajikan makanan dalam piring seperti menyerupai pelangi. Maksudnya adalah buah-buahan dan sayuran musiman yang segar, berwarna, kacang-kacangan, sumber protein seperti telur, kecambah, dan susu rendah lemak. Nutrisi yang didapat dari makanan sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik. Nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan patogen berbahaya. Antioksidan dalam makanan ini membantu mengurangi peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan, Salah Satunya Merawat Gigi 

3. Konsumsi kopi hijau

Tidak seperti kopi pada umumnya, biji kopi hijau adalah biji kopi mentah yang tidak dipanggang sehingga mempertahankan asam klorogenik (CGA). Asam klorogenik membantu menurunkan berat badan dan membantu mengurangi lemak tubuh dan hormon terkait obesitas serta mengurangi sintesis asam lemak dan kolesterol. Ini juga mengurangi penyerapan karbohidrat, sehingga menurunkan gula darah dan lonjakan insulin, menurunkan risiko Diabetes Tipe-2.

4. Konsumsi madu

Madu adalah pemberi energi terbaik. Memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Mengidentifikasi madu murni menjadi semakin penting karena manfaat kesehatan ini akan muncul hanya jika madu Anda murni. Namun harus hati-hati, banyak madu palsu yang beredar di pasaran. Madu palsu memiliki kadungan gula yang tinggi.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan 

5. Olahraga

Lalui waktu Anda dengan kebiasaan baik seperti joging dan olahraga. Jaga mood Anda agar tetep ceria dan hindari stresi merupakan kunci dari kesehatan tubuh. Lalu di barengi dengan kebiasaan sederhana seperti tidur yang cukup dan air putih akan meningkatkan kinerja Anda secara keseluruhan. Hal ini jika diterapkan akan menjadi hal yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh berfungsi sebagai tameng dan melindungi tubuh dari penyakit musiman dan infeksi dan di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Lalu yang terpenting saat ini adalah selalu pakai masker dan lakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini