Ashanty Sakit Batu Ginjal, Apa Gejalanya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 481 2421731 ashanty-sakit-batu-ginjal-apa-gejalanya-ls46pS2SKQ.jpg Ashanty sakit batu ginjal (Foto : Instagram/@ashanty_ash)

MELAKUKAN pengobatan ke Turki, Ashanty justru terkejut usai didiagnosa memiliki batu ginjal pada tubuhnya. Dokter menemukan batu ginjal yang dimiliki penyanyi cantik tersebut sudah berukuran 4 mm.

Awalnya Ashanty bertolak menuju Turki untuk melakukan pengobatan autoimun yang dideritanya. Namun, kabar lain mengejutkan kala dokter menemukan batu ginjal di tubuh istri Anang Hermansyah tersebut usai melakukan medical check-up, meskipun ia tidak merasakan keluhan apapun.

ashanty

Merangkum dari Kidney Fund, Selasa (8/6/2021), jika seseorang memiliki batu ginjal yang sangat kecil yang bergerak dengan mudah melalui saluran kemih, seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun. Mereka bahkan tidak pernah tahu bahwa memiliki batu ginjal.

Baca Juga : Ashanty Didiganosa Batu Ginjal, Kenali Penyebab dan Faktor Risiko Penyakitnya

Namun, jika seseorang memiliki batu ginjal dengan ukuran yang lebih besar, maka mungkin akan mengalami salah satu dari gejala berikut:

1. Sakit saat buang air kecil

2. Darah dalam urin

3. Nyeri tajam di punggung atau perut bagian bawah

4. Mual dan muntah

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, batu ginjal ini masih bisa dicegah. Cara terbaik untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengonsumsi cukup air setiap hari. Kebanyakan orang harus minum delapan sampai 12 cangkir air per hari.

Jika seseorang memiliki penyakit ginjal dan perlu membatasi cairan, konsultasikan kepada dokter, berapa banyak cairan yang harus di minum setiap hari. Membatasi natrium dan protein hewani (daging, telur) dalam diet juga dapat membantu mencegah batu ginjal.

Jika dokter dapat mengetahui komponen pembentuk batu ginjal, maka ia mungkin dapat memberi rekomendasi diet khusus untuk membantu mencegah batu ginjal di masa depan. Jika memiliki kondisi kesehatan yang berpotensi membentuk batu ginjal, dokter mungkin akan meminta untuk minum obat untuk mengobati kondisi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini