Ashanty Alami Batu Ginjal, Yuk Kenali 4 Jenisnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 481 2421834 ashanty-alami-batu-ginjal-yuk-kenali-4-jenisnya-210C1E1Pg5.jpg Ashanty. (Foto: Instagram)

KONDISI kesehatan Ashanty memang mengalami banyak kendala. Setelah sebelumnya terpapar Covid-19 dan menderita penyakit autoimun, kini Ashanty dihadapkan dengan masalah ginjal.

Memang, Ashanty sempat melakukan pemeriksaan di Turki untuk mengobati penyakit autoimunnya. Tapi tidak lama, dia dikejutkan oleh berita adanya batu ginjal yang bersarang dalam tubuhnya. Meski demikian, penyanyi cantik tersebut mengaku tidak merasakan gejala apapun.

Dari hasil medical check-up dokter menemukan adanya batu ginjal sebesar 4 mm dalam tubuh Ashanty. Merangkum dari Kidney Fund, Selasa (8/6/2021), batu ginjal yang kerap dialami rupanya memiliki berbagai macam jenis.

Jenis-jenis batu ginjal tersebut berbeda sesuai dengan materi limbah yang tertumpuk. Ada sekiranya empat jenis batu ginjal yang umum dialami seseorang. Berikut ulasannya.

Ashanty

Batu kalsium

Ini adalah jenis batu ginjal yang paling umum diderita seseorang. Batu ini biasanya terbuat dari kalsium dan oksalat (bahan kimia alami yang ditemukan di sebagian besar makanan), tetapi kadang-kadang terbuat dari kalsium dan fosfat.

Batu asam urat

Jenis baru ginjal ini terbentuk ketika urin seseorang sering terlalu asam. Asam urat dapat membentuk batu dengan sendirinya atau dengan kalsium.

Batu struvite

Jenis batu ginjal ini dapat terjadi ketika seseorang memiliki jenis infeksi saluran kemih tertentu di mana bakteri membuat amonia yang menumpuk di urin. Batu struvite terbuat dari magnesium, amonium dan fosfat.

Batu cystine

Batu ginjal ini terbuat dari bahan kimia yang dibuat dalam tubuh manusia secara alami, yang disebut cystine. Batu cystine sangat jarang, dan terjadi pada orang yang memiliki kelainan genetik yang menyebabkan cystine bocor dari ginjal ke dalam urin.

Batu ginjal bisa sekecil sebutir pasir atau terkadang lebih besar dari mutiara. Sesuai dengan namanya, batu ginjal dapat berada di ginjal atau berjalan melalui ureter (tabung yang mengalir dari ginjal ke kandung kemih).

Batu ginjal dapat keluar dari tubuh melalui urin. Ketika batu bergerak melalui ureter dan keluar dari uretra melalui urin, fenomena ini disebut dengan batu ginjal.

Batu ginjal juga bisa tersangkut di saluran kemih dan menghalangi urin untuk masuk. Ketika batu ginjal besar menghalangi aliran urin seseorang, maka kondisi ini bisa sangat menyakitkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini