Jenguk Bayi Baru Lahir saat Pandemi Covid-19, Terapkan 4 Hal Penting Ini

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 481 2422103 jenguk-bayi-baru-lahir-saat-pandemi-covid-19-terapkan-4-hal-penting-ini-XBqDzMNcG1.jpg Ilustrasi menjenguk bayi baru lahir. (Foto: Jcomp/Freepik)

MEMPUNYAI bayi baru lahir di masa pandemi covid-19 membawa kecemasan tersendiri bagi orangtua. Terlebih lagi jika ada keluarga, kerabat, ataupun teman yang ingin mengunjungi ibu dan bayi yang baru lahir tersebut.

Pasalnya, seperti diketahui, covid-19 dapat sangat cepat dan mudah menular. Hal ini tentu membuat orangtua khawatir akan kondisi bayi yang baru lahir.

Baca juga: Viral Pria Masuk ke Kolong Kereta demi Selamatkan Bayi Terjepit 

Jika Anda berada di posisi ini, mungkin akan bertanya-tanya, haruskah menerima tamu di tengah situasi pandemi covid-19?

Berikut pendapat ahli, seperti dirangkum dari laman Washington Post, Selasa (8/6/2021).

Bayi. (Foto: Unsplash)

1. Batasi tamu

Jika ingin menerima tamu yang ingin menjenguk bayi Anda yang baru lahir, hal yang bisa dilakukan adalah membatasi jumlahnya. Jorge Perez, neonatologis dan pendiri Kidz Medical Services di Coral Gables, Florida, Amerika Serikat, mengatakan bahwa membatasi jumlah tamu dapat dilakukan selama 2 hingga 3 bulan setelah bayi lahir.

"Bayi tidak terlindungi saat dia terpisah dari plasenta. Jadi saya merekomendasikan agar membatasi paparan luar pada bayi Anda selama 2 hingga 3 bulan. Sebab flu, RSV, atau virus lainnya dapat berbahaya bagi bayi yang tidak dapat melawannya," jelas Perez.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kelebihan ASI untuk Bayi Baru Lahir 

2. Tamu wajib terapkan prokes ketat

Perez mengatakan tamu yang berkunjung juga harus mencuci tangan sebelum menyentuh bayi yang baru lahir. Tapi alangkah lebih baik jika tamu dapat menaati protokol kesehatan (prokes) secara ketat, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

"(Tamu) yang menjaga jarak sejauh 6 kaki, bertemu di luar dan telah divaksinasi, itu lebih baik," tegasnya.

3. Tamu dilarang mencium bayi

Seperti diketahui, covid-19 menular melalui tetesan pernapasan. Oleh karena itu, penting untuk tegas kepada tamu agar tidak mencium bayi yang baru lahir.

"Para orangtua harus meminta pengunjung untuk tidak mencium bayi Anda. Itu juga cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit lain juga," ungkap Perez.

Baca juga: Kemampuan Bayi Minum ASI Bakal Pengaruhi Pertumbuhan Anak 

4. Tetap pakai masker meski sudah divaksin

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa jika telah divaksinasi maka sudah kebal dari covid-19. Nyatanya, orang divaksinasi masih dapat tertular dan menularkan. Oleh karena itu, jika Anda menerima tamu yang sudah divaksinasi, sebaiknya tetap mewajibkan mereka memakai masker dan taat prokes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini