Psikolog Sebut Medsos Masa Kini Sudah Jadi Ladang Keuntungan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 612 2421977 psikolog-sebut-medsos-masa-kini-sudah-jadi-ladang-keuntungan-2b5ducQR8Q.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MANUSIA jaman sekarang memang nampaknya sulit lepas dari keberadaan ponsel pintar. Bahkan, kehidupan sehari-hari mereka pun sudah mementingkan media sosial dibandingkan obrolan langsung.

Bagi beberapa orang media sosial dan handphone merupakan hal yang harus pertama dan terakhir dilakukan. Sebelum tidur, biasanya mereka mengecek medsos dan ketika bangun tidur pun hal pertama yang dilakukan adalah mengecek handphone.

Sudah begitu dekat hubungan manusia dengan ponsel pintar. Hal ini pun disadari Psikolog Meity Arianty. Menurutnya, peran teknologi saat ini pun sudah bergeser, bahkan ke arah impian profesi.

Medsos

"Dari yang dulunya media sosial itu adalah tempat berekspresi atau berinteraksi dengan teman-teman, mencari kesenangan, kini jadi ladang keuntungan melalui klik, penayangan iklan, dan promosi produk secara langsung," paparnya pada MNC Portal, Selasa (8/6/2021).

Hal ini yang akhirnya membuat sebagian dari anak-anak generasi sekarang mendambakan ingin menjadi influencer, atau orang yang terlibat di dalam media sosial.

"Ya, penggunaan media sosial sekarang jadi ruang berbisnis dan menghasilkan pundi-pundi uang, sehingga banyak anak muda ingin menjadi Youtuber atau influencer," sambungnya.

Seiring dengan menjamurnya platform media sosial dalam beberapa tahun terakhir, kata Mei, keberadaan influencer pun kian meningkat. Bisa dicek di beberapa survei, menemukan bahwa sepertiga anak-anak berusia remaja memiliki cita-cita ingin berkarier sebagai vlogger atau Youtuber atau influencer.

"Perkembangan teknologi pun membuat anak-anak lebih tertarik menekuni pekerjaan tersebut ketimbang bekerja sambilan. Ditambah lagi pandemi telah mendorong anak-anak dan orangtua untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk menatap layar gadget," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini