5 Makanan Penting untuk Pelaku Diet Vegetarian, Bikin Tubuh Tetap Bugar

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 07:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 298 2422254 5-makanan-penting-untuk-pelaku-diet-vegetarian-bikin-tubuh-tetap-bugar-z74yavt4CP.jpg Ilustrasi makanan diet vegetarian. (Foto: Freepik)

PELAKU diet vegetarian harus menjaga asupan makanan untuk memastikan program yang dilakukan. Memang terkadang sulit bagi seorang yang sedang menjalani diet vegetarian untuk memenuhi kebutuhan dosis dan nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh.

Tapi jangan sampai program diet vegetarian yang dijalani justru akan membuat tubuh lemas dan lesu karena kekurangan nutrisi atau asupan yang baik untuk tubuh.

Seperti dilansir dari laman Timesofindia, berikut lima makanan penting yang harus dikonsumsi pelaku diet vegetarian agar tubuh tetap bugar.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Berprotein Tinggi untuk Vegetarian 

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kismis, pistachio, walnut, penuh dengan proteint tinggi. Ini karena kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh. Segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari akan memastikan bahwa tubuh mendapat dosis serat, vitamin, protein, serta zat besi.

Ilustrasi makanan diet vegetarian. (Foto: Timolina/Freepik)

2. Telur dan produk susu

Makanan satu ini sudah cukup memenuhi nutrisi yang baik untuk kesahatan tubuh. Telur dan produk susu memberikan dosis protein yang sehat bagi Anda yang sulit melakukan dalam diet tanpa daging. Susu dan produk susu juga menyediakan kalsium dan vitamin D.

Baca juga: Ketahui Asal-usul Flexitarian Diet yang Dekat dengan Pola Makan Vegetarian 

3. Lentil

Lentil merupakan keluarga kacang-kacangan. Bahan makanan ini merupakan bagian yang sangat penting dari diet vegetarian. Lentil adalah sumber protein terbaik dan juga menawarkan serat, vitamin, dan mineral penting.

4. Biji-bijian

Biji-bijian utuh adalah sumber makanan penghasil karbohidrat yang baik untuk vegetarian. Makan ini juga mengandung mineral seperti seng, tembaga, dan besi. Biji-bijian sering menjadi tambahan oatmeal ketika melakukan sarapan. Bisa digabungkan dengan roti gandum utuh dan pasta, beras merah, dan quinoa.

Baca juga: Keuntungan Jadi Vegetarian, Sayangi Diri dan Lingkungan 

5. Buah-buahan dan sayuran

Tidak dapat dimungkiri bahwa buah-buahan dan sayuran memiliki nutrisi yang baik untuk diet. Ini tentu saja merupakan makanan pokok terpenting dalam diet vegetarian. Buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini