Macam-Macam Kopi Paling Terkenal Berdasarkan Jenis Bijinya, Udah Pernah Seruput Semua?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 298 2422486 macam-macam-kopi-paling-terkenal-berdasarkan-jenis-bijinya-udah-pernah-seruput-semua-IOQhZ5NvGz.jpg Biji kopi (Foto: Timesofindia)

MACAM-macam kopi kini makin digemari masyarakat di Indonesia. Baik muda maupun tua, semua pasti pernah merasakan nikmatnya menyeruput secangkir kopi, baik di rumah maupun di kedai kopi.

Di antara sekian banyak jenis biji kopi yang ada, 5 di antaranya merupakan jenis biji kopi yang paling terkenal. Berikut ulasannya yang dilansir MNC Portal Indonesia dari berbagai sumber pada Rabu (9/6/2021).

Arabika

Kopi Arabica

Biji kopi arabika merupakan salah satu jenis biji kopi yang paling populer di dunia. Makanya, biji kopi satu ini bisa ditemukan hampir di semua tempat.

Karena popularitasnya, biji kopi arabika ini dapat menguasai pasar hingga 80% dari jumlah kopi yang beredar di pasaran. Menurut para pecinta kopi, cita rasa yang dihasilkan Kopi Arabika ini yang paling nikmat.

Baca Juga : Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

Robusta

Jika diklasifikasikan berdasarkan taksonominya, sebenarnya kopi robusta adalah salah satu subspesies Coffea canephora, yaitu Coffea canephora var. Robusta. Setidaknya ada dua varietas utama Coffea canephora, yaitu robusta dan nganda.

Namun, oleh karena sebagian besar jenis kopi canephora yang ditanam adalah varietas robusta, nama robusta pun digunakan secara umum untuk menyebut canephora.

Nama robusta diambil dari kata robust yang berarti kuat. Meski tanaman ini lebih tahan hama serta mudah perawatannya, kualitas buahnya lebih rendah dibanding arabika. Harganya pun relatif lebih murah.

Liberika

Sebenarnya, kopi liberika merupakan perpaduan dari biji Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Jenis kopi ini berasal dari Liberia dan Afrika. Untuk menikmati cita rasanya, kopi liberika terasa lebih nikmat saat diolah menjadi espresso atau latte.

Gayo

Kopi gayo ditanam di Tanah Gayo, sebuah wilayah berupa dataran tinggi di Aceh Tengah, Sumatra. Perkebunan kopinya berada di bukit-bukit yang mengelilingi Kota Takengon dan Danau Tawar. Tanah di daerah ini dipercaya sangat subur sehingga menghasilkan kopi-kopi dengan cita rasa yang kaya.

Pada 2010, kopi gayo mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade Coffee. Sebelumnya, sempat terjadi pelarangan penggunaan nama Gayo karena nama tersebut sudah menjadi hak paten perusahaan Belanda, Holland Coffee. Namun karena usaha keras masyarakat untuk mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis, masalah tersebut pun dapat terselesaikan dengan baik.

Jamaika

Kopi Jamaica

Kopi jamaika terkenal dengan citarasanya yang ringan, tidak pahit, dan terasa seperti krim. Kopi Jamaika ini punya rasa kelas premium yang membuat harganya juga mahal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini