Ahli: Vaksin Covid-19 Satu-satunya Cara yang Bisa Segera Hentikan Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 481 2422576 ahli-vaksin-covid-19-satu-satunya-cara-yang-bisa-segera-hentikan-pandemi-9Oc9JvIKWq.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Reuters)

PEMERINTAH telah memulai program nasional pemberian vaksin covid-19 sejak Januari 2021. Upaya ini dalam rangka menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) untuk menekan kasus covid-19 di Tanah Air.

Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang ragu dan takut untuk mendapatkan vaksin covid-19. Lantas, seberapa pentingkah vaksin di masa pandemi covid-19?

Baca juga: Ciptakan Vaksin Covid-19 untuk Anak, Pfizer Uji Coba ke Usia di Bawah 12 Tahun 

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Profesor dr Pratiwi Sudarmono Phd SpMK(K) menjelaskan bahwa covid-19 disebabkan Virus SARS-CoV-2 yang merupakan Virus RNA. Oleh karena itu, SARS-CoV-2 merupakan virus baru sehingga belum ada yang tahu apa obatnya.

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

Saat ini para pakar hanya menggunakan obat antivirus terdahulu yang sebenarnya masih belum diketahui efektivitasnya dalam membunuh Virus SARS-CoV-2.

Baca juga: 6 Negara Belum Miliki Vaksin Covid-19, Negara Mana yang Paling Banyak Divaksin? 

"Kita hanya mengikuti gejala klinis dari penyakit ini, misalnya demam, kita beri obat demam. Kalau imunitas buruk, kita beri obat yang meningkatkan imunsystem. Jadi tidak ada obat untuk covid-19," terang dr Pratiwi dalam dialog virtual perkembangan vaksin di Indonesia yang ditayangkan kanal YouTube FMB9ID_IKP beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, satu-satunya cara yang bisa segera menghentikan pandemi covid-19 ini adalah dengan menggunakan vaksin. Maka itu, seluruh negara yang sejak awal mengetahui penyakit ini langsung mengembangkan vaksin.

Saat ini sekira 287 institusi laboratorium yang mengembangkan vaksin ini dan terus-menerus mencari vaksin baru meski vaksin yang sudah ada bisa dipakai oleh sebagian besar penduduk dunia.

Baca juga: WHO: Indonesia Negara Nomor 2 Terbanyak Vaksinasi Covid-19 di Kawasan SEARO 

"Vaksin adalah satu-satunya mekanisme yang dengan cepat dapat menurunkan kejadian pandemi ini. Selain itu, vaksin juga bisa menurunkan infeksivitas sekaligus juga mengurangi risiko-risiko kematian maupun sakit berat bagi mereka yang tertular virus ini. Jadi vaksin memegang posisi kunci," sambungnya.

Saat ini obat-obatan yang diberikan hanyalah untuk memperbaiki imunsystem seperti vitamin. Banyak pabrik obat yang juga masih mencari obat antivirus untuk mengatasi Virus SARS-CoV-2, tapi sayangnya hingga kini masih belum ditemukan.

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini