Hindari Lingkungan dari Bencana, Coba Ubah Kebiasaan Pakai Plastik

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 612 2422455 hindari-lingkungan-dari-bencana-coba-ubah-kebiasaan-pakai-plastik-KVoEkX99ED.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik itu membuang sampah pada tempatnya hingga menanam tanaman di rumah.

Kini saatnya Anda memulai untuk mengubah kebiasaan untuk menjaga lingkungan. Di rumah misalnya, Anda ikut menanam tanaman di halaman rumah, selain memperindah sudut ruang, juga memperbanyak oksigen alami.

 Plastik

Direktur Tropical Forest Alliance (TFA) Asia Tenggara Rizal Algamar mengatakan, perlindungan dan kesehatan lingkungan merupakan isu global yang selalu menjadi sorotan. Karena mempengaruhi kesejahteraan masyarakat.

"Sebagai individu maupun keluarga, kita bisa melakukan aksi menjaga lingkungan dengan melakukan berbagai tindakan kecil, seperti memelihara tanaman dan menanam pohon, penghijauan di berbagai tempat di wilayah rumah," ujarnya lewat keterangan resminya.

Lebih luas lagi, kata dia, wilayah perkotaan juga bisa menambah lahan hijau, seperti kebun atau taman. Kemudian, masyarakat membersihkan sampah di sepanjang sungai dan pantai-pantai.

"Paling penting lagi untuk menjaga lingkungan dari bencana, maka masyarakat harus mengubah kebiasaan penggunaan plastik," tambahnya.

Karena di beberapa daerah, pemerintah daerah melarang penggunaan sampah plastik di tempat perbelanjaan.

Misalnya pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan pelarangan penggunaan kantong berbahan plastik mulai 1 Juli 2020. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Begitu juga di Bali hingga Bogor, melakukan hal yang sama, yakni melarang penggunaan sampah plastik yang bisa mencemari lingkungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini