Kasus Gofar Hilman Jadi Sorotan, 7 Tindakan Ini Ternyata Termasuk Pelecehan Seksual

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 612 2422585 gofar-hilman-disorot-ini-7-bentuk-pelecehan-seksual-yang-tak-selalu-sentuhan-fisik-g8LcznxLCJ.jpg Ilustrasi pelecehan seksual (Foto: Themuse)

KABAR mengejutkan datang dari Gofar Hilman. Presenter dan penyiar radio tersebut dituding melakukan tindakan pelecehan seksual pada tahun 2018.

Peristiwa itu diungkapkan oleh akun Twitter @quweenjojo yang mengaku sebagai korban. Dia menghadiri acara yang mengundang mantan kekasih Putri Tanjung tersebut sebagai bintang tamu di Malang, Jawa Timur.

"Lalu Gofar tarik dan rangkul gue, oke gue pikir dia humble. Setelah selesai rekam video bareng dia, tangan dia tiba-tiba peluk gue dari belakang. Gue mulai bingung harus gimana karena pelukannya kok kenceng banget?" tulis akun @quwenjojo seperti dikutip MNC Portal Indonesia, Rabu (9/6/2021).

Korban Gofar Hilman

Selengkapnya Baca Juga : Gofar Hilman Dituding Lakukan Pelecehan Seksual, Korban Ungkap Kronologinya

Gofar Hilman sendiri langsung buka suara perihal tudingan pelecehan seksual kepada dirinya. Gofar tak menyangkal memang menghadiri acara yang digelar di Malang tersebut. Gofar pun teringat sempat merangkul beberapa orang yang meminta Insta Story dengannya.

"Di sini gue minta maaf kepada semua pihak yang tidak nyaman ketika gue rangkul, salah gue tidak meminta konsen akan rangkulan itu," kata Gofar di Twitter seperti dikutip MNC Portal Indonesia, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga : Jawaban Gofar Hilman Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Namun, Gofar membantah tuduhan telah melakukan pelecehan seksual. Dia yakin karena dirinya didampingi panitia dan asisten yang menyebut Gofar tak melakukan itu. Gofar pun siap menempuh jalur hukum.

Pelecehan Seksual

Terlepas dari kejadian yang menyeret Gofar Hilman ini, pelecehan seksual menjadi ramai diperbincangkan publik. Pelecehan seksual sering diartikan sebagai tindakan, perilaku, perhatian seksual yang tidak diinginkan, bisa terjadi di tempat umum serta ruang-ruang pribadi.

Pelecehan seksual sering dimengerti hanya berupa sentuhan fisik yang merendahkan. Namun, beberapa tindakan juga masuk kategori pelecehan seksual yang sering tidak disadari seperti berikut ini, dirangkum dari walkerlawsd.com dan berbagai sumber.

1. Menghalangi gerakan seseorang

Pelecehan Seksual

Bentuk pelecehan seksual pertama adalah berdiri di depan lawan jenis dan menghalangi jalan. Maksudnya mungkin bercanda tapi bisa jadi sengaja mengganggu sehingga masuk tindak pelecehan seksual.

2. Menatap atau melihat tubuh dari atas ke bawah

Mendapat tatapan tajam dari orang lain yang memerhatikan penampilan dari atas ke bawah kadang bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Tapi lebih dari itu, ternyata ini termasuk tindakan pelecehan seksual. Terlebih jika tatapannya merendahkan.

3. Melontarkan candaan tentang identitas gender atau orientasi seksual

Secara tidak sadar saat berkumpul dengan teman sering kali terlontar candaan berbau pelecehan seksual. Entah itu yang menyangkut identitas gender atau orientasi seksual.

4. Menceritakan lelucon cabul

Hal lain yang tidak disadari bentuk pelecehan seksual adalah cerita lelucon atau candaan bernada cabul. Seperti mengajak melakukan hubungan seksual dengan nada bercanda.

Mengirim email, surat, atau gambar yang bersifat seksual

Pernahkah menerima gambar atau pesan teks berbau seksual? Seringnya hal ini memberikan ketidaknyamanan dan itu sudah masuk kategori pelecehan seksual.

5. Memberikan siulan

Pelecehan Seksual

Pernahkah di antara Anda ada yang diganggu oleh lawan jenis dengan siulan? Hal ini sering disebut cat calling dan masuk kategori pelecehan seksual. Memberikan tatapan atau seringaian nakal juga termasuk kategori ini.

6. Mengancam untuk melakukan aktivitas seksual

Terkadang ada pihak-pihak yang meminta aktivitas seksual sebagai bentuk gratifikasi. Permintaannya pun disertai dengan ancaman. Jelas sekali ini adalah tindak pelecehan seksual.

7. Memberikan komentar sinis menyangkut gender

Terkadang ada orang yang tidak suka dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh kita. Bisa saja dia memberikan komentar sinis. Tapi apabila komentar itu sudah membawa tentang gender dan bersifat seksisme, maka masuk kategori pelecehan seksual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini