Gofar Hilman Ngaku Pernah Kena Penyakit Gonore, Bisa Sembuh Total?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 481 2422846 gofar-hilman-ngaku-pernah-kena-penyakit-gonore-bisa-sembuh-total-vq6swnbqUL.jpg Gofar Hilman. (Foto: Instagram @pergijauh)

NAMA penyiar radio Gofar Hilman beberapa waktu belakangan ramai diperbincangkan karena dituding melakukan pelecehan seksual. Tapi di luar dari masalah itu, ternyata beberapa tahun lalu dia sempat membuat pengakuan di media sosial bahwa dirinya pernah terinfeksi penyakit menular seksual gonore. Hal tersebut dia utarakan di kanal YouTube AMwave By AMvibe.

Di situ Gofar Hilman menjelaskan kalau dirinya sempat menderita penyakit gonore. "Kenalah gue cuy, kenanya GO, iya gonore. Langsung gue ke dokter. Dikasih gue obat paling bagus, paling mahal," kata Gofar.

Baca juga: Gofar Hilman Dituding Lakukan Pelecehan Seksual, Korban Ungkap Kronologinya 

Ia pun menjelaskan kalau yang namanya penyakit menular seksual (STD) itu akan mengendap kalau dibiarkan atau diobati dengan benar. "Bahkan, lo pernah kena STD 5 tahun lalu, terus cek lagi sekarang, itu masih kayak ada ampasnya gitu lho," lanjutnya.

Gofar mengatakan kalau dirinya kini sudah bersih sejak 6 tahun lalu. Pengobatan medis menjadi pilihannya ketimbang jalur alternatif.

Gofar Hilman. (Foto: Instagram @pergijauh)

Menyangkut penyakit gonore itu sendiri, penyakit ini disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae dan kadang-kadang disebut "the clap" untuk alasan yang tidak diketahui atau "the drip". Ini termasuk penyakit menular seksual yang paling menular.

"Anda bisa mendapatkan penyakit ini melalui hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang sudah memiliki bakteri sebelumnya. Bakterinya mudah sekali menyebar, bahkan jika si pria tidak mengalami ejakulasi saat berhubungan seks," jelas laman kesehatan Everyday Health.

Baca juga: Jawaban Gofar Hilman Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual 

Infeksi gonore pada pria dapat dikenali melalui beberapa gejala, yakni:

1. Rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil.

2. Lebih banyak buang air kecil dari sebelumnya.

3. Keluar cairan berwarna putih, kuning, atau hijau dari lubang Mr P.

4. Pembukaan uretra merah atau bengkak.

5. Sakit tenggorokan.

"Bahanya, banyak pasien pria gonore yang tidak mengalami gejala apa pun. Jadi, dia ketahuan mengalami gonore setelah pemeriksaan laboratorium secara lengkap," tambah laporan laman tersebut.

Menjadi catatan penting di sini ialah gonore tidak hanya dapat dikenali di alat kelamin, melainkan di mulut. Ya, ada yang namanya gonore mulut. Pria dan perempuan bisa mengalami masalah seksual jenis ini.

"Penularannya bisa melalui ciuman atau seks oral," terang laporan laman tersebut.

Baca juga: Kasus Gofar Hilman Jadi Sorotan, 7 Tindakan Ini Ternyata Termasuk Pelecehan Seksual 

Lantas, apakah gonore bisa sembuh total?

Laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan bahwa gonore dapat sembuh total.

"Ya, gonore bisa disembuhkan asal dengan pengobatan yang tepat. Penting bagi Anda untuk meminum semua obat yang diresepkan dokter untuk menyembuhkan infeksi tersebut. Obat gonore tidak boleh dibagikan kepada siapa pun," papar CDC.

CDC menambahkan, "Meskipun pengobatan akan menghentikan infeksi, itu tidak akan memperbaiki kerusakan permanan yang disebabkan oleh penyakit."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini