4 Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 481 2422976 4-pekerjaan-rumah-ini-ternyata-ampuh-untuk-menurunkan-berat-badan-Iz0CqVhx3W.jpg Ilustrasi pekerjaan rumah. (Foto: Whatwolf/Freepik)

BANYAK orang berupaya semaksimal mungkin menurunkan berat badan. Mulai rajin pergi ke tempat gym atau olahraga di luar ruangan.

Tapi sebenarnya dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan, sejumlah pekerjaan rumah bisa melakukannya. Ini tentunya akan menjadi lebih efektif.

Di satu sisi Anda mendapatkan kenyamanan di dalam rumah yang bersih. Di sisi lain juga yang terbaik adalah tetap di rumah serta tidak keluar untuk memutus rantai penularan covid-19.

Sesuai penelitian, melakukan 11 hingga 12 jam pekerjaan rumah tangga bisa membantu membakar hingga 2.300 kalori seminggu. Melalui perhitungan ini, Anda bisa menurunkan berat badan 1 kilogram setiap bulannya.

Seperti dilansir laman Timesofindia, berikut ini beberapa pekerjaan rumah tangga yang bisa membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Pepaya Ternyata Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ikuti 4 Pola Makan Ini 

Mengepel. (Foto: Freepik)

1. Mengepel

Anda tidak perlu menyewa asisten rumah tangga lagi untuk membersihkan semua pekerjaan rumah. Melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga membantu membakar kalori tubuh.

Mengepel adalah cara yang bagus untuk melatih otot inti, lengan, dan kaki. Mengepel dengan gerakan bolak-balik membantu memperkuat punggung dan bahu.

Mengepel setiap hari selama 10 hingga 15 menit dapat memberikan hasil yang setara dengan kelas zumba dan aerobik lho.

Baca juga: 5 Minuman Detoks untuk Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk Program Diet 

2. Membersihkan dan mengelap debu

Pekerjaan ini jangan dianggap sepele ya. Pasalnya, membersihkan debu adalah salah satu tugas rumah tangga yang melibatkan seluruh tubuh, termasuk perut dan otot inti. Seluruh tubuh akan lebih sering bergerak ke belakang dan depan untuk melakukan pembersihan yang membuat tubuh tetap aktif serta bergerak. Gerakan berulang membantu Anda menargetkan membantu membakar kalori dalam perut.

3. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian telah terbukti menjadi gerakan efektik yang melibatkan kaki, tangan, dan otot inti Anda secara bersamaan. Menarik pakaian dari air, meremasnya, dan menjemur baju di bawah sinar matahari membuat Anda bergerak aktif.

Baca juga: 5 Tips Jitu Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan 

4. Memasak makanan dan mencuci piring

Memasak sendiri membantu Anda memilih makanan sehat yang baik untuk tubuh. Kegiatan dapur seperti memotong, mengaduk, yang bisa dilakukan dengan cara duduk maupun beridiri adalah gerakan efektif untuk menargetkan semua bagian tubuh. Mencuci piring setelah memasak makanan sehat merupakan pekerjaan rumah yang bagus untuk menggerakkan lengan dan area perut supaya dapat bergerak aktif.

Cuci piring. (Foto: Senivpetro/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini