Kenapa Pasangan Muda Sulit Punya Anak?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 481 2423132 kenapa-pasangan-muda-sulit-punya-anak-w0hGcOfB6U.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

PASANGAN muda yang lebih dari satu tahun menikah banyak yang mengalami masalah kesuburan. Mereka sulit punya anak, apalagi buat pasangan yang tinggal di perkotaan.

Bagaimana tidak, mereka disibukkan dengan pekerjaan yang nonstop. Walaupun rutin bercinta, tak jarang pasangan mengaku lama dapat momongan lantaran stres.

Tak dipungkiri bahwa bekerja yang dijalani kaum urban, sudah menjadi kebutuhan untuk bisa bertahan hidup di kota metropolitan. Hanya saja, bekerja sampai lupa waktu rupanya memberi dampak tak baik bagi kesehatan reproduksi.

Dokter Spesialis Kandungan, dr. Arie Adrianus Polim,D.MAS, SpOG(K), mengatakan, masyarakat perkotaan dengan tingkat stres tinggi, bukan hanya berdampak pada kesehatan jiwa, namun juga reproduksi. Maka jika ingin cepat hamil usai menikah, menjaga kesuburan sangatlah penting.

 Menstruasi

"Sebagai dokter kita mengingatkan, misal gaya hidup di Jabodetabek, mengharuskan mereka kerja tanpa peduli umurnya sudah lewat. Kita selalu bisa edukasi," kata dr Arie, dalam acara virtual Morula Infertility Fest 2021.

Selain itu, masalah gangguan reproduksi lain pun turut timbul mulai dari bibit sperma, sel telur, hingga adanya kista. Anda harus tes kesuburan rutin untuk melihat peluang kehamilan secara alami.

Di sisi lain, President Director of Morula IVF Indonesia, dr.Ivan Sini,Sp.OG mengatakan, Anda perlu berupaya menjaga kesuburan. Tentu dengan menjaga gaya hidup.

"Dari mulai pasien menikah ada program wellness dan food. "Kita bisa berikan informasi tepat agar tak tertunda-tunda hamilnya," kata dokter Ivan.

Kemudian jika upaya tersebut sudah dilakukan sesuai target, Anda bisa menjalani program bayi tabung. Saat ini program bayi tabung pun kian meningkat.

"Tren pelayanan bayi tabung makin lama makin meningkat karena banyak pasangan Infertilitas yang kadang-kadang terlantar," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini