Wajahnya Mirip Superstar, Wanita Ini Dituntut ke Pengadilan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 612 2423052 wajahnya-mirip-superstar-wanita-ini-dituntut-ke-pengadilan-QcsOzN0HKY.jpg Superstar China Fan Bingbing. (Foto: Instagram @bingbing_fan)

SEORANG aktris, model, penyanyi, dan superstar terkenal di China bernama Fan Bingbing menggugat salah satu doppelganger-nya. Wanita itu digugat karena diduga menggunakan penampilannya untuk menjual produk selama streaming online.

Sebagaimana diketahui, memiliki wajah yang mirip seperti superstar mungkin bisa menjadi suatu anugerah. Namun, tidak untuk Chen Xinling yang disebut sebagai doppelganger Fan Bingbing. Ia justru menggunakan kemiripan wajahnya dengan sang bintang untuk perbuatan yang tidak terpuji.

Baca juga: Potret Lenny Emak-Emak TikTok Mirip Iis Dahlia, Suka Julid Juga Gak? 

Wanita berusia 32 tahun tersebut membentuk pengikut yang kuat di sejumlah platform streaming China dan memulai bisnis menguntungkan dengan menjual produk di e-commerce. Tapi usahanya tersebut tidak berlangsung lama.

Chen Xinling punya wajah mirip superstar China Fan Bingbing. (Foto: Chen Xinling/Oddity Central)

Sebagaimana dilansir laman Oddity Central, Kamis (10/6/2021), hidup Chen Xinling berubah menjadi malapetaka setelah kemiripannya dengan sang artis besar menjadi urusan hukum. Superstar China tersebut menuduh streamer muda ini menggunakan penampilan dan popularitasnya untuk menjual produk kecantikan serta perawatan secara online.

Baca juga: Tiktokers Ini Dibilang Mirip Nagita Slavina Waktu Muda, Bener Gak? 

Fan Bingbing menuntut Chen Xinling mengubah nama online-nya, sehingga ia harus membayar kompensasi besar dan mengeluarkan permintaan maaf kepada publik setiap hari selama 60 hari ke depan. Chen memang tidak mengambil persis nama kembarannya tersebut, tapi nama barunya yakni Fan Yebing dinilai terlalu mirip dengan Fan Bingbing.

Chen Xinling percaya diri menyebut namanya sebagai Fan Yebing berkat popularitas dan kemiripannya dengan Fan Bingbing. Bahkan tidak sedikit streamer lain yang menyebut wanita ini sebagai Fan Bingbing.

Sejak gugatan dimulai pada 2020, Chen Xinling telah berusaha menjauhkan diri dari merek Fan Bingbing dengan segala cara yang ia bisa. Ia bahkan telah mengubah nama online-nya, menjalani operasi bedah agar tidak terlihat sebagai Bingbing yang asli.

Chen berkeras bahwa bukan kemiripannya dengan Fan Bingbing yang membuat memiliki lebih dari 1 juta pengikut di platform streaming, namun karena kepribadian dan keterlibatannya dalam komunitas.

Baca juga: Heboh Penjual Rujak Mirip Syahrini di Sumenep 

"Saya ingat nama dan hari ulang tahun penggemar berat saya. Saya melakukan streaming langsung rata-rata 10 jam sehari, lebih dari 350 hari setahun. Tidak seperti key opinion leader (KOL) terkenal yang memiliki tim yang membantu mereka, saya hanya memiliki satu asisten," terang Chen.

"Saya harus melakukan riset online tentang produk selama beberapa jam setiap hari. Saya harus mempromosikan produk secara lisan selama setengah jam hingga 1 jam sebelum dijual. Saya juga menyelingi promosi penjualan saya dengan pembicaraan tentang hidup saya agar tidak terlalu komersial," tambahnya.

Tidak jelas berapa banyak argumen yang dibicarakan di pengadilan, tetapi berurusan dengan Fan Bingbing tampaknya menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan. Sebab, catatan menunjukkan bahwa pada 2018, superstar tersebut telah terlibat dalam lima tuntutan hukum atas penggunaan penampilannya yang melanggar hukum, dan semuanya dimenangkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini