Ivermectin Laku Dijual Online, Kemenkes Beri Tanggapan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 481 2423477 ivermectin-laku-dijual-online-kemenkes-beri-tanggapan-ATZ4rWt8t4.jpg Obat Ivermectin (Foto : News24)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menanggapi hebohnya obat Ivermectin yang diklaim bisa mengatasi Covid-19. Bahkan, di e-commerce obat keras ini sudah ada yang terjual habis.

"Penggunaan obat Ivermectin untuk terapi Covid-19 masih menunggu rekomendasi para ahli," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Siti Nadia Tarmizi pada MNC Portal melalui pesan singkat, Jumat (11/6/2021).

Ivermectin

Di sisi lain, berdasar pantauan MNC Portal di e-commerce, beberapa toko ada yang menjual Ivermectin secara bebas. Padahal, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan tegas menyatakan bahwa Ivermectin adalah obat keras dan karena itu pembelian hanya bisa dengan resep dokter.

Baca Juga : India Stop Penggunaan Ivermectin dari Daftar Obat Covid-19

Siti Nadia pun memastikan bahwa obat Ivermectin itu tidak bisa dibeli online dengan bebas. "Pasti ini salah kalau ada obat yang bisa dibeli online, ya," terangnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi yang belum diketahui kebenarannya, termasuk soal obat Ivermectin ini. "Jadi, jangan menggunakan obat tanpa petunjuk dari dokter," imbau Siti Nadia pada masyarakat.  

Baca Juga : Jawaban BPOM Terkait Heboh Ivermectin Diklaim Obat Mujarab Covid-19

BPOM pun dengan tegas menyatakan bahwa obat ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter dan penggunaannya di bawah pengawasan dokter. Artinya, masyarakat tidak boleh sembarangan menggunakan obat tersebut.

Bahkan, dijelaskan juga oleh BPOM bahwa sesiapa yang menjual obat ini, termasuk melalui online, tanpa ada resep dokter, maka dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini