Panaskan Makanan Pakai Microwave, Benarkah Bahayakan Kesehatan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 481 2423770 panaskan-makanan-pakai-microwave-benarkah-bahayakan-kesehatan-kqZ39naxKN.jpg Ilustrasi memanaskan makanan memakai microwave. (Foto: Shutterstock)

SERING memanaskan makanan sisa memakai microwave merupakan hal yang sulit dilepaskan oleh masyarakat. Pasalnya, kebanyakan orang merasa sayang jika harus membuang makanan, terlebih jika itu penganan favoritnya.

Meski demikian, tidak semua jenis makanan bisa dipanaskan begitu saja. Apabila makanan tersebut memiliki kandungan bereaksi negatif, jika dipanaskan lagi, bukan tidak mungkin kesehatan Anda terganggu.

Baca juga: 3 Pemikiran Salah Tentang Memasak Pakai Microwave, Apa Saja Ya? 

Terlebih jika Anda memanaskan lagi makanan tersebut dengan microwave. Pasalnya, ilmuwan Xianli Wu dari Pusat Penelitian Nutrisi Manusia Beltsville di Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan bahwa memanaskan makanan menggunakan microwave dapat memicu kandungan flavonoid, meskipun belum diketahui penyebabnya.

Microwave. (Foto: Shutterstock)

"Ketika mempertimbangkan metode memasak microwave adalah metode memasak yang lebih disukai, setidaknya untuk banyak makanan nabati, tetapi mungkin tidak untuk setiap makanan nabati," kata Wu, seperti dilansir laman BBC, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Ini 5 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave 

Dalam penelitian lain, ilmuwan membandingkan kandungan fenolat (senyawa yang terkait berbagai manfaat kesehatan) dari banyak sayuran setelah direbus, dikukus, dan dimasak menggunakan microwave. Hasilnya, mengukus sayuran dengan microwave menyebabkan hilangnya kandungan fenolik dalam labu, kacang polong, dan daun bawang; tetapi tidak pada bayam, paprika, brokoli atau kacang hijau. Para peneliti juga menguji aktivitas antioksidan.

Penting untuk dicatat bahwa memanaskan lagi makanan juga memiliki risiko. Makanan harus dipanaskan hingga mencapai suhu 82 derajat Celsius (176 Fahrenheit) untuk membunuh bakteri berbahaya. Sebab, bakteri masih dapat tumbuh setiap kali makanan didinginkan lagi, Anda tidak boleh memanaskan makanan lebih dari sekali.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini