Moderna Ajukan Izin Penggunaan Vaksin Covid-19 untuk Usia Remaja

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 481 2423815 moderna-ajukan-izin-penggunaan-vaksin-covid-19-untuk-usia-remaja-pyjcZdmkKa.jpg Ilustrasi Vaksin Moderna. (Foto: Rawpixel/Freepik)

SALAH satu produsen vaksin yakni Moderna Inc diketahui pada Kamis 10 Juni 2021 mengajukan permohonan izin penggunaan vaksin covid-19 untuk usia remaja mulai 12 hingga 17 tahun. Permohonan tersebut diajukan kepada otoritas Amerika Serikat.

Seperti dilaporkan laman Reuters, Jumat (11/6/2021), vaksinasi covid-19 untuk kelompok usia anak-anak dan remaja dikatakan sebagai salah satu kunci bisa mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Baca juga: Moderna Uji Coba Penyuntikan Dosis Ke-3 Vaksin Covid-19, Diklaim Tingkatkan Antibodi 

Kebanyakan kelompok usia muda ini terinfeksi covid-19 dengan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Tapi, tetap tidak menghilangkan peluang risiko akan kesakitan parah dan menyebarkan Virus Sars-CoV-2 penyebab penyakit covid-19 kepada orang lain.

Sejauh ini vaksin covid-19 buatan Moderna Inc sudah digunakan untuk program vaksinasi di Amerika Serikat, negara-negara Eropa, dan Kanada untuk kelompok usia di atas 18 tahun.

Amerika Serikat sendiri sudah memberi izin penggunaan vaksin covid-19 produksi Pfizer-BioNTech dalam memvaksinasi anak-anak usia 12 tahun.

Selain mengajukan permohonan izin penggunaan di Amerika Serikat, pihak Moderna Inc dikatakan juga sudah mengajukan hal yang sama ke pihak regulator yang berwenang di Eropa dan Kanada.

Sebagaimana diketahui, pada Mei 2021, vaksin dua dosis dari Moderna menunjukkan hasil efektif pada remaja berusia 12 hingga 17 tahun dan tidak menunjukkan masalah keamanan baru atau besar. Ini diketahui dalam uji klinis terhadap 3.732 remaja.

Baca juga: Moderna: Perlindungan Vaksin Covid-19 Kami Kuat Sampai Enam Bulan 

Sementara untuk program vaksinasi covid-19 di Indonesia yang sedang berjalan, belum dilakukan terhadap kelompok anak-anak ataupun remaja.

Program vaksinasi nasional di Tanah Air saat ini masih fokus pada gelombang kedua yakni kelompok masyarakat usia lanjut (lansia), pra-lansia (di atas 50 tahun tapi belum mencapai 60 tahun), serta usia muda 18 tahun ke atas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini