Sering Marah Bisa Bikin Darah Tinggi, Mitos Atau Fakta?

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 612 2424165 sering-marah-bisa-bikin-darah-tinggi-mitos-atau-fakta-CpSM51RLKa.jpg Podcast RCTI+

SIAPA yang sering melihat konten kesehatan dari dr. Nadia Alaydrus? Nah, selain menjadi dokter, dr. Nadia juga aktif dalam sosial media loh, ia kerap membagikan tips menarik seputar kesehatan. Dr. Nadia ini selalu menarik perhatian netizen untuk melihat semua konten yang dibagikannya.

Kali ini bukan hanya konten tips yang dibagikan oleh dr Nadia, tetapi informasi lengkap seputar kesehatan dalam Podcast Kata Dokter, yuk dengerin Podcast Kata Dokter di aplikasi RCTI+.

Pada episode Podcast Kata Dokter kali ini dr. Nadia akan membahas penyakit yang cukup marak di masyarakat yaitu hipertensi. Sering marah-marah bisa bikin darah tinggi, mitos atau fakta? Itu fakta ya guys! “Jadi kenapa sih marah-marah bisa bikin darah tinggi?”.

Jadi gini, ketika kalian marah-marah, jantung kita dituntut untuk bekerja lebih keras secara tiba-tiba. Karena ada peningkatan hormon, yaitu hormon adrenalin.

Ketika marah, pembuluh darah yang tadinya lentur, dia juga akan berubah menjadi kaku. Jadinya pada saat tekanan darahnya kencang, dia tidak bisa mengembang dan tetap pada ukurannya. Itulah yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan hipertensi atau darah tinggi.

Podcast

Nah, orang yang udah punya penyakit darah tinggi duluan jadi gampang marah, itu kenapa sih? Yang pertama, pada penderita hipertensi kadang kala dia sulit untuk mengendalikan stress, yang kedua itu dikarenakan pengaruh obat hipertensi karena orang yang sudah mengalami darah tinggi dia harus minum obat seumur hidupnya.

Sebenarnya hipertensi ini memang bener-bener ga boleh disepelekan dan harus segera di kontrol, cara mengontrolnya dengan rajin konsultasi ke dokter supaya tahu obat apa yang diperlukan dan dosisnya berapa.

Jangan mengobati mandiri karena sebenarnya hipertenis ini kalau didiemin bisa berlanjut menjadi penyakit yang serius, seperti serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian. Kemudian bisa menyebabkan retinopati hipertensi yang merupakan kerusakan pada retina dan pembuluh darah di sekitar retina.

Nah masih penasaran apa tips agar kita terhindar dari hipertensi? Langsung aja dengerin hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini