Kenal Lebih Dekat dengan Danang Giri Sadewa, Sosok Konten Kreator Edukasi yang Inspiratif!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 13 Juni 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 612 2424416 kenal-lebih-dekat-dengan-danang-giri-sadewa-sosok-konten-kreator-edukasi-yang-inspiratif-3FLHuvArYx.jpg Danang (Foto: Ist)

Danang Giri Sadewa atau yang akrab disapa Danang merupakan konten kreator edukasi yang aktif membuat konten yang bermanfaat untuk banyak pelajar di Indonesia. Danang yang lahir di Magelang pada 23 November 1998 ini sedang menjalani tahun terakhirnya sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada.

Danang pun menyelesaikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas di kota asalnya yaitu Magelang. Danang mengungkapkan bahwa ia pernah ikut dalam proses syuting acara “Laptop Si Unyil”. Sejak saat itu, ia mulai tertarik dengan dunia jurnalistik, ia pun sempat bercita-cita menjadi seorang wartawan.

 Danang

Setelah lulus SMA, Danang berhasil diterima di universitas negeri pilihannya yaitu UGM. Danang memutuskan untuk mengambil jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan karena ia ingin membuat kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat di negeri ini.

“Aku mencari jurusan yang sekiranya nanti ketika aku sudah lulus dan kembali ke masyarakat, aku bisa bermanfaat untuk mereka” tutur Danang.

Rupanya Danang mulai tertarik untuk menjadi konten kreator edukasi sejak menjadi mahasiswa UGM. Pada saat itu, ia menyadari bahwa belum banyak informasi atau konten mengenai tips dan trik diterima di perguruan tinggi negeri favorit. Saat mulai membuat konten mengenai kehidupan kampusnya, Danang menerima reaksi positif dari penonton, kini ia menggunakan peluang tersebut dan terus membuat konten-konten yang edukatif.

Sampai saat ini, Danang membagi waktunya dengan bijak supaya kegiatan kampus dan juga pekerjaannya sebagai konten kreator tetap berjalan lancar. Sebagai mahasiswa UGM, Danang mengaku memiliki dapat banyak pengalaman berharga. Ia senang bisa belajar dari orang-orang hebat secara langsung.

Sambil menjalani kuliah, Danang mengikuti berbagai kompetisi di dalam maupun di luar kampus. Ia pernah mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa, lomba debat, dan sebagainya. Danang pun menyebutkan salah satu penghargaan yang paling berkesan baginya yaitu pada saat ia dinobatkan sebagai salah satu dari 11 konten kreator terbaik pada kontes YouTube NextUp pada tahun 2019.

Masih banyak yang belum tahu, rupanya Danang suka melakukan touring motor sendirian ketika ada waktu luang. Bahkan ia pernah mengendarai motor dari Yogyakarta sampai ke Lombok. Danang menjadikan perjalanannya tersebut sebagai momen refreshing sekalian healing ketika ia merasa penat dengan tugas dan pekerjaan.

Selain punya ketertarikan pada jurnalistik, Danang juga memiliki minat terhadap sinematografi. Beberapa waktu yang lalu, ia mendapat kesempatan untuk memproduksi film bersama rekan-rekannya. Film pendek berjudul “Titik Temu” tersebut pun dapat dinikmati di YouTube channel Danang. Dalam membuat film pendek tersebut, ia beserta timnya patungan mengumpulkan modal agar produksi film berjalan lancar.

Danang pun menyebutkan bahwa terdapat suka dan duka dalam pekerjaannya sebagai konten kreator. Kadang ia merasa bahwa ekspektasi dari masyarakat terhadapnya terlalu tinggi. Dalam menghadapi hal tersebut, Danang tetap berusaha untuk menjadi dirinya sendiri.

“Aku tuh pengennya ketika mereka melihat aku di social media terus lihat aku di dunia nyata itu orang yang sama” ujar Danang.

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini