Ini Dia 4 Nutrisi Utama Ikan Salmon yang Menyehatkan Tubuh Anda

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 298 2424731 ini-dia-4-nutrisi-utama-ikan-salmon-yang-menyehatkan-tubuh-anda-DBO4W7TT7I.jpg Ikan salmon. (Foto: Timolina/Freepik)

SALMON merupakan ikan yang sehat karena mengandung banyak nutrisi. Ikan salmon juga dikenal sangat bagus untuk rambut, kulit, persendian, dan otak.

Ikan salmon diperkaya vitamin, mineral, dan yang paling penting omega-3. Maka itu, ikan salmon memiliki manfaat yang tidak terhingga untuk kesehatan tubuh. Ikan salmon juga banyak dikonsumsi masyarakat dalam bentuk tablet, sirup, dan beku.

Baca juga: Tak Hanya dari Sinar Matahari, Vitamin D Ada di 3 Makanan Ini 

Ikan salmon menjadi favorit di antara para ahli kesehatan, dokter, dan masyarakat yang mengonsumsinya.

Berikut dilansir laman Timesofindia, ikan salmon memiliki kandungan alami yang menjadikannya sebagai makanan sehat. Di antaranya adalah:

Ikan salmon. (Foto: Topntp26/Freepik)

1. Omega-3

Omega-3 adalah asam lemak yang sangat penting bagi tubuh manusia. Omega-3 penting karena meningkatkan kesehatan sendi dan kulit, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu perkembangan otak.

Berdasarkan banyak penelitian, telah terbukti bahwa mengonsumsi omega-3 baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 juga membantu mencegah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, arthritis, depresi, gangguan otak, gangguan kulit, serta beberapa jenis kanker.

Ahli kesehatan dan dokter menyarankan agar orang dewasa mengonsumsi minimal 250 hingga 500 mg omega-3 per hari. American Heart Association (AHA) merekomendasikan orang dewasa harus memasukkan setidaknya 2 porsi omega-3 per pekan untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Baca juga: Rutin Makan Ikan Salmon, 9 Manfaat Kesehatan Ini Bakal Didapat 

2. Protein

Ikan salmon mengandung asam amino esensial yang mendorong pertumbuhan dan membantu menjaga massa jaringan otot. Protein yang ditemukan dalam ikan salmon membantu tubuh mempertahankan metabolisme yang sehat yang mendorong penurunan berat badan.

Satu porsi ikan salmon fillet 100 gram mengandung 22 sampai 23 gram protein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salmon mengandung molekul protein bioaktif kecil yang memberikan dukungan khusus untuk tulang rawan sendi, efektivitas insulin, dan pengendalian peradangan di saluran pencernaan.

3. Vitamin

Guna mempertahankan pola hidup sehat, penting memasukkan daging ikan salmon ke menu makanan. Hal ini disebabkan ikan salmon mengandung vitamin seperti B1, B2, B3, dan B5 dalam jumlah optimal.

Vitamin tersebut terlibat dalam beberapa proses penting dalam tubuh. Proses ini termasuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi, menciptakan dan memperbaiki gen DNA, serta mengurangi peradangan yang dapat memicu kemungkinan penyakit jantung.

Menurut penelitian terbaru, vitamin B dari semua jenis membantu menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf tubuh manusia.

Baca juga: 4 Makanan Guna Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak Anda, Apa Saja? 

4. Mineral

Ikan salmon mengandung potasium dan fosfor yang cukup tinggi. Fosfor memiliki peran dalam tubuh untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kesehatan ginjal yang baik.

Jenis mineral lain yang ditemukan dalam salmon adalah selenium. Selenium membantu melawan penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan penyakit tiroid.

Asupan mineral yang rendah berkontribusi pada penurunan fungsi kekebalan tubuh, peningkatan risiko terkena beberapa jenis kanker, serta mudah terkena penyakit virus.

Ikan salmon. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini