Mengenal 8 Jenis Bakcang dari Seluruh Penjuru China

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 298 2424995 mengenal-8-jenis-bakcang-dari-seluruh-penjuru-china-zl5B3zDswk.jpg Bakcang. (Foto: Reuters)

FESTIVAL Peh Cun atau lebih dikenal sebagai Duan Wu Jie memang sangat identik dengan santapan bakcang. Dikenal dengan nama bakcang atau rice dumplings, bakcang memiliki ciri khas tersendiri.

Ada dua rasa utama untuk bakcang yakni manis dan gurih. Bakcang juga memiliki berbagai macam jenis tergantung berdasarkan wilayah. Merangkum dari China Highlight, Senin (14/6/2021), berikut aneka jenis bakcang menurut persebaran wilayah.

Bakcang Guangdong – Bakcang Cantonese

Pada umumnya, bakcang Guangdong berukuran besar dan memiliki bentuk khusus. Bakcang ini tersedia dalam dua jenis, yakni manis dengan isian kenari, kurma, atau pasta kacang sebagai isian, atau gurih dengan ham, telur, daging, atau ayam panggang.

Bakcang Fujian

Bakcang babi panggang dan soda bakcang dari Xiamen dan Quanzhou terkenal sebagai dua jenis bakcang khas Minnan. Untuk membuat bakcang babi panggang, gunakan beras ketan kelas atas dan isi dengan babi panggang, jamur, udang kering, biji teratai, atau sup babi rebus.

Sementara soda bakcang terbuat dari beras ketan dan soda lye. Saat makan soda bakcang, orang sering menambahkan madu dan sirup. Selain itu bakcang kacang juga sangat populer di Quanzhou yang memiliki campuran kacang dan beras ketan sebagai isian.

Bakcang

Bakcang Ningbo

Bakcang Ningbo memiliki bentuk segi empat, dan memiliki banyak varian seperti soda bakcang, bakcang pasta kacang merah, dan bakcang pasta kurma. Yang paling terkenal adalah soda bakcang yang terbuat dari beras ketan yang direndam dalam air soda, kemudian dibungkus dengan daun alang-alang kuning.

Bakcang Jiaxing

Bakcang Jiaxing memiliki bentuk piramida segitiga dan memiliki isian daging segar, pasta kacang merah. Saat membungkus bakcang semacam ini, orang biasanya memasukkan sepotong kecil daging berlemak ke dalam beras ketan.

 

Bakcang Teh Manis

Sesuai dengan namanya, bakcang menggunakan teh manis rebus untuk merendam beras ketan. Jenis bakcang ini memiliki warna yang cerah, rasa yang lembut, dan rasa yang manis.

Masyarakat di daerah pegunungan barat Provinsi Zhejiang secara turun temurun telah mengikuti kebiasaan merebus bakcang dengan teh manis. Tak hanya itu, mereka juga merebus nasi dengan teh manis, dan memasak bubur nasi dengan teh manis.

Bakcang Beijing

Bakcang Beijing adalah salah satu bakcang dari wilayah Cina utara. Bakcang jenis ini berukuran kecil dan persegi panjang. Di pedesaan orang terbiasa membuat bakcang menggunakan jujube dan pasta kacang manis sebagai isian.

Bakcang Guangxi

Orang-orang di Provinsi Guangxi tengah senang membuat bakcang dalam bentuk menyerupai persegi berukuran besar. Bahkan satu bakcang bisa memiliki berat lebih dari setengah kilogram. Orang-orang di wilayah Guilin lebih menyukai bakcang berbentuk yang lebih kecil. Masyarakat di Guilin utara membuat bakcang dalam bentuk kepala anjing.

Orang-orang di sekitar kota Guilin sering menambahkan sedikit soda kue ke dalam isian untuk membuat bakcang lebih enak, sementara orang-orang di wilayah Quanzhou (perfektur Guilin timur laut) suka merendam beras ketan dalam air abu jerami untuk menambah rasa.

Shanghai Bakcang

Shanghai bakcang memiliki berbagai bentuk dan isian. Bakcang vegetarian yang dibuat oleh Gongdelin Vegetarian Restaurant meliputi bakcang jamur, bakcang kacang lebar, dan bakcang kacang merah. Beberapa jenis bakcang Muslim ditawarkan oleh restoran Muslim Hongchangxing. Bakcang daging sapi adalah yang paling populer di kalangan penduduk setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini