Jangan Turunkan Masker sampai Bawah Dagu, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 481 2424744 jangan-turunkan-masker-sampai-bawah-dagu-ini-bahayanya-untuk-kesehatan-wQFqB4CMzk.jpg Ilustrasi masker cegah covid-19. (Foto: User3802032/Freepik)

MASKER menjadi barang wajib yang digunakan di segala aktivitas selama pandemi covid-19. Tapi ternyata ada kebiasaan buruk terkait penggunaan masker. Ada kebiasaan menurunkan masker sampai dagu dan leher. Sadarilah bahwa kebiasaan ini adalah hal buruk yang bisa menimbulkan terpapar virus corona.

"Meletakkan masker di dagu adalah kebiasaan buruk. Hal ini merusak tujuan utama memakai masker untuk melindungi atau mengurangi kemungkinan infeksi," kata praktisi kesehatan dr Grace Huang, seperti dikutip dari laman Channelnewsasia, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Begini Tips Menyimpan Masker dengan Aman dan Tepat 

Sementara menurut dr Catherine Ong, konsultan divisi penyakit menular di National University Hospital, permukaan masker yang digunakan itu mengandung mikroba.

"Untuk orang yang terinfeksi, partikel virus akan menumpuk di permukaan yang bersentuhan dengan wajah," tuturnya.

Masker. (Foto: Freepik)

Selain itu, masker yang sudah dipakai dipastikan mendapat banyak tetesan air liur dan uap pernapasan. Hal ini membuat permukaan bagian dalam masker lebih kondusif bagi virus untuk bertahan hidup.

Sementara permukaan luar masker kondisinya tidak lebih baik karena tertutup bakteri, virus, dan kotoran dari lingkungan luar.

Baca juga: Cek Fakta: Pakai Masker Berisiko Terinfeksi Jamur Hitam? 

"Menarik masker hingga dagu berarti permukaan luar masker bisa bersentuhan dengan wajah dan mungkin bibir bawah. lalu menyebarkan patogen ini langsung ke mulut dan wajah," ungkap dr Huang.

Pilihan terbaik adalah menempatkan masker di tempat bersih seperti ziploc untuk melindungi masker dari lingkungan luar.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini