Kemenkes Tanggung Kejadian KIPI Covid-19, Baca Dulu Syaratnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 481 2424805 kemenkes-tanggung-kejadian-kipi-covid-19-baca-dulu-syaratnya-P0XBgf0O2B.jpg Kejadian KIPI (Foto: Insider)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) kini menanggung kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pasca vaksinasi Covid-19 yang membutuhkan pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Kebijakan ini sebagai upaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat terkait dengan program vaksinasi.

"Dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) yang baru, diatur juga mengenai penanganan KIPI Covid-19 yang membutuhkan pengobatan dan perawatan di fasilitas kesehatan dengan indikasi medis dan protokol pengobatan," terang Kemenkes dalam keterangan resminya, Senin (14/6/2021).

 Pandemi Covid-19

Terkait dengan aspek pembiayaan, dijelaskan di sana bahwa bagi peserta aktif Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), maka akan ditanggung melalui mekanisme JKN dan dapat dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

"Untuk peserta nonaktif dan bukan peserta JKN, akan didanai melalui mekanisme penandaan lain yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan," kata laporan Kemenkes.

Adapun pelayanan kesehatan yang akan diberikan setara dengan kelas III program JKN atau di atas kelas III atas keinginan sendiri dengan selisih biaya ditanggung oleh yang bersangkutan.

"Pembaruan ketentuan ini merupakan upaya Kemenkes sebagai penyelenggara program vaksinasi untuk mempercepat kegiatan vaksinasi dalam rangka mencapai kekebalan kelompok dengan terus memerhatikan kebutuhan vaksinasi Covid-19 di Indonesia," tambah laporan tersebut.

PMK yang baru ini bernomor 18 Tahun 2021 dan disahkan pada 28 Mei 2021 menggantikan PMK Nomor 10 Tahun 2021 dengan sejumlah perubahan menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini