Warga Desa Ini Bangun Kuil Corona untuk Usir Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 481 2424819 warga-desa-ini-bangun-kuil-corona-untuk-usir-covid-19-12Kj3MyABI.jpg Kuil corona (Foto: Twitter)

BANYAK cara tampaknya dilakukan oleh warga India untuk melawan pandemi Covid-19. Apalagi belum lama ini, India dihantam dahsyat gelombang kedua yang mengakibatkan krisis kesehatan di India semakin bertambah buruk.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh penduduk di India, contohnya dari segi spiritual yang dilakukan oleh warga Desa Shuklapur, Uttar Pradesh.

 kuil corona

Mengutip The Indian Express, Senin (14/6/2021) warga setempat diketahui sengaja membuat kuil Corona Mata, sebagai tempat berdoa memohon pada Dewi untuk menghindarkan mereka dari serangan Covid-19.

Para warga berdoa di kuil yang terletak di bawah pohon Neem tersebut, berharap mendapatkan berkah dari Dewi untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga usai. Dari beberapa video dan foto yang beredar di dunia maya, memperlihatkan patung sang Dewi bahkan lengkap dengan mengenakan masker pelindung warna hijau.

Disebutkan lebih lanjut, menurut laporan media setempat, penduduk desa sendiri lah yang berinisiatif mengumpulkan dana untuk mendirikan kuil.

“Warga desa secara kolektif mendirikan kuil dengan keyakinan bahwa berdoa kepada dewa pasti akan memberikan kelegaan bagi orang-orang yang menderita Covid-19,” kata seorang penduduk desa seperti dikutip oleh kantor berita ANI.

Namun, sayangnya aturan akan protokol kesehatan diketahui justru malah diabaikan oleh para warga. Sebab orang-orang terus ramai berkerumun di dalam kuil untuk berdoa dan menerima prasad dari tokoh agama setempat.

Sehubungan dengan viralnya foto dan video kuil Corona Mata ini, para netizen berpendapat, mengingat banyak warga yang berkunjung ke kuil tersebut sebaiknya kuil tersebut bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai lokasi vaksinasi.

Banyak netizen juga yang menyebutkan, ritual berdoa tersebut seharusnya tetap dijalani dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pembangunan kuil ‘Corona Mata’ di India ini sendiri, seperti di Desa Shuklapur tersebut bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, diketahui kuil serupa telah ada di Coimbatore Tamil Nadu dan Desa Madhuvanahalli Karnataka.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini