Pentingnya Camp Vaksinasi Drive Thru untuk Penyandang Disabilitas

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 481 2424875 pentingnya-camp-vaksinasi-drive-thru-untuk-penyandang-disabilitas-Ikxfxug0tt.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: Biospace)

SAAT ini India tengah gencar untuk bisa memvaksinasi para penduduknya, tak terkecuali golongan orang-orang disabilitas yang selama ini kesulitan untuk mendaftar slot vaksin.

Pihak otoritas di Ahmedabad, kota terbesar di negara bagian Gujarat, India diketahui mendirikan kamp vaksinasi drive-thru khusus untuk kelompok orang penyandang disabilitas.

Hal ini sebagai upaya untuk mengatasi tingkat vaksinasi yang rendah, terutama di antara kalangan kelompok masyarakat yang lebih rentan.

 Vaksin Covid-19

Seperti dikatakan Bhushan Punani, Sekretaris Jenderal Blind People’s Association, salah satu pihak penyelenggara, kamp vaksinasi ini bertujuan untuk bisa menampung 500 orang penyandang disabilitas.

Namun kenyataan di lapangan, memang penyandang disabulitas sering kesulitan berjuang untuk memesan slot vaksin dan mendapatkan akses ke pusat lokasi vaksinasi.

“Penyandang disabilitas sering menghadapi masalah ekstra, karena tidak dapat mencapai tempat lokasi vaksinasi karena kurangnya transportasi atau tidak ada jalur landai di lokasi untuk kemudahan akses. Beberapa orang bahkan kesulitan untuk memakai aplikasi smartphone dari pemerintah untuk pendaftaran,” kata Bhushan Punani seperti dikutip Reuters, Senin (14/6/2021).

Sesuai dengan namanya, di kamp vaksinasi drive thru tersebut, penyandang disabilitas yang datang mengantri disuntik vaksin Covid-19 dengan mengendarai kendaraan, kursi roda, dan mopeds (kendaraan bermotor) berdesain khusus. Sehingga menjadikan proses tata laksana vaksinasi jadi lebih nyaman.

“Proses vaksinasi sekarang lebih mudah, ini perasaan yang sangat menyenangkan,” testimoni dari Mahendra Chudasma, pria tahun yang mengalami gangguan penglihatan.

Sementara itu, untuk persentase vaskinasi di India, dari keterangan Perdana Menteri Narendra Modi, pemerintah punya target bisa memvaksinasi seluruh rakyat yang sudah memenuhi syarat dan yang bersedia divaksin pada akhir tahun 2021.

Namun sejauh ini, dari data kesehatan yang ada, baru sekittar 240 juta orang dewasa di India dari sekitar 950 juta yang sudah setidaknya menerima satu dosis suntikan vaksin Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini