Kemenkes Izinkan Merek Vaksin Gotong Royong Sama dengan Program Pemerintah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 481 2424884 kemenkes-izinkan-merek-vaksin-gotong-royong-sama-dengan-program-pemerintah-st2MPhrKWS.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Jcomp/Freepik)

SEBAGAI upaya mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengubah aturan program vaksinasi covid-19. Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 18 Tahun 2021.

Dalam PMK terbaru dijelaskan bahwa Kemenkes mengizinkan penggunaan jenis vaksin covid-19 yang sama antara program vaksinasi pemerintah dengan Vaksinasi Gotong Royong. Namun, ada catatan penting di sana.

Baca juga: Terbukti Turunkan Kasus Harian Covid-19, Vaksinasi Masih Diragukan Halau Varian Baru Corona 

"Dengan ketentuan bahwa jenis vaksin covid-19 untuk vaksinasi program (pemerintah) diperoleh dari hibah, sumbangan, ataupun pemberian baik dari masyarakat maupun negara lain," terang PMK baru yang diterbitkan Kemenkes di laman Sehat Negeriku.

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

Ada tambahan catatan juga di sana bahwa vaksin covid-19 yang dimaksud tidak boleh diperjualbelikan dan harus diberi tanda khusus yang bisa dikenali secara kasat mata.

Baca juga: Vaksin Novavax Tunjukkan Perlawan pada Varian Virus Afrika Selatan 

Lantas, apa makna dari aturan baru ini?

"Artinya kalau ada vaksin yang hibah dan mereknya sama dengan Vaksin Gotong Royong, maka ini bisa digunakan pada program vaksin pemerintah," ungkap Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dikonfirmasi MNC Portal melalui pesan singkat, Senin (14/6/2021).

Tapi, Siti Nadia menegaskan bahwa aturan tersebut hanya berlaku pada mekanisme vaksin pemerintah, tidak sebaliknya.

"Jadi, enggak bisa Vaksin Gotong Royong pakai merek vaksin yang dipakai pada vaksinasi pemerintah. PMK baru ini hanya berlaku digunakan pada mekanisme vaksin pemerintah," tambahnya.

Baca juga: Perbedaan Mendasar Vaksin Astrazeneca dan Sinovac, Siapa Lebih Ampuh Mencegah Penularan? 

Dengan kata lain, sekarang jika ada hibah Vaksin Sinopharm untuk program Vaksinasi Gotong Royong, maka vaksinasi pemerintah bisa menggunakan vaksin tersebut.

Tapi, program Vaksinasi Gotong Royong sampai saat ini masih tidak diperkenankan menggunakan jenis vaksin yang sudah dipakai dalam vaksinasi pemerintah.

Hingga kini vaksinasi pemerintah menggunakan merek vaksin covid-19 dari Sinovac dan AstraZeneca. Sedangkan untuk Vaksinasi Gotong Royong menggunakan Sinopharm.

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini