Share

Varian Delta Covid-19 Disebut Lebih Ganas, Kenali Gejalanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 481 2425232 varian-delta-covid-19-disebut-lebih-ganas-kenali-gejalanya-MSMDGCQwe2.jpg Ilustrasi varian delta covid-19. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

VARIAN delta covid-19 dikaitkan dengan melonjaknya kasus positif covid-19 di Kudus. Varian yang pertama kali terdeteksi di India ini bahkan dikatakan lebih ganas dari jenis sebelumnya.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Ari Fahrial Syam bahkan mengatakan varian delta covid-19 lebih mudah menyebar antar-orang. Hal ini tentunya mesti diwaspadai oleh semua orang.

Baca juga: Ditemukan di Indonesia, Ini 4 Fakta Varian Delta Covid-19 

"Gejala sakit pasien lebih berat dari virus sebelumnya. Varian delta meningkatkan risiko terjadinya hilang pendengaran, nyeri ulu hati, dan mual; karena itu pasien perlu dirawat di rumah sakit," kata Prof Ari kepada MNC Portal belum lama ini.

"Varian delta memiliki karakteristik yaitu mempunyai kemampuan menginfeksi lebih mudah dan cepat. Jadi jika Anda berada dalam satu ruangan dengan orang yang terpapar varian delta dan dia bersin atau sekadar berbicara, maka virus akan lebih cepat berpindah ke orang lain," tambah Prof Ari.

Baca juga: Peneliti Temukan Varian Delta B1617.2 pada Orang yang Sudah Divaksin Covid-19 

Lebih lanjut Profesor Tim Spector, ahli yang menjalankan Studi Zoe Covid Symptom, mengatakan orang yang berusia muda mungkin akan merasa seperti pilek biasa saat terinfeksi varian delta covid-19.

Dikarenakan dia merasa tidak sakit parah, lalu masih beraktivitas ke mana-mana, makanya virus mudah menyebar dan ini sangat membahayakan.

"Jadi, siapa pun yang merasa dirinya terinfeksi covid-19 dengan gejala-gejalanya, segera lakukan tes," saran Prof Spector, seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (15/6/2021).

Adapun gejala khusus jika terpapar varian delta covid-19 adalah sebagai berikut:

- Mual

- Diare

- Sakit perut

- Sakit kepala

- Kehilangan nafsu makan

- Gangguan pendengaran

- Pembekuan darah

- Gangren atau matinya jaringan tubuh

Baca juga: Konsumsi Vitamin D, Baiknya Setelah atau Sebelum Makan? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini