Vaksin Pfizer Mulai Diuji Coba ke Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 481 2425244 vaksin-pfizer-mulai-diuji-coba-ke-anak-usia-5-hingga-11-tahun-cd0E9jaDwA.jpg Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Reuters)

PERUSAHAAN farmasi Pfizer-BioNTech mulai melakukan uji coba vaksin covid-19 buatannya ke anak usia 5 hingga 11 tahun. Menurut informasi yang beredar, uji coba Vaksin Pfizer tersebut sudah memasuki uji klinis tahap akhir.

Seperti dilaporkan laman Daily Mail, dalam uji klinis tahap akhir tersebut Vaksin Pfizer bakal melibatkan 4.500 peserta dari 100 lokasi uji klinis di 26 negara bagian, termasuk di Finlandia, Polandia, dan Spanyol.

Di sisi lain, Pfizer sudah merancang uji coba vaksin covid-19 untuk anak usia 6 bulan hingga 4 tahun, tapi ini masih tahap awal dan akan berjalan begitu para peneliti mendapat kepastian soal keamanan vaksin untuk usia tersebut.

Baca juga: Kemenkes Israel Sebut Vaksin Pfizer Bisa Sebabkan Radang Jantung 

Lantas, seperti apa uji klinisnya?

Sebagaimana dilansir laman Clinicaltrials.gov, penelitian Vaksin Pfizer untuk anak-anak dilakukan tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah dikerjakan terhadap anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Jadi, setengah peserta akan mendapat 2 dosis Vaksin Pfizer dengan jarak 21 hari dan separuh lainnya disuntikkan plasebo.

Dari uji klinis ini, peneliti akan mengamati keamanan, tolerabilitas, dan respons imun yang dihasilkan dari vaksin, kemungkinan juga akan mengukur tingkat antibodi pada subjek muda.

Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Reuters)

Data studi mencatat, di antara peserta ada Russell Bright (7 tahun) dan Tucker Bright (5). Dua bocah itu terdaftar sebagai peserta studi di Ochsner Medical Center di Louisiana.

Jadi, kakak-adik tersebut awalnya diperiksa suhu tubuh dan tekanan darah, lalu swab PCR pun dilakukan, termasuk pengambilan darah untuk tes dan kemudian diberikan suntikan vaksin atau plasebo. Tidak ada yang tahu siapa yang menerima vaksin atau plasebo karena itu bagian dari kerahasiaan studi.

Baca juga: Anak Usia 12 hingga 15 Tahun Bisa Divaksin Covid-19 Pakai Pfizer! 

"Saya ingin melakukan bagian saya dan anak-anak saya melakukan bagian mereka," kata Adam Bright, ayah dari Russell dan Tucker, kepada laman Associated Press.

"Saya dan istri sudah divaksin. Jadi, makin cepat saya bisa memvaksin mereka, maka saya akan merasa lebih nyaman saat mereka main di luar dan tak harus menggunakan masker dengan segera. Saya pikir cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan melalui uji coba," tambah Adam.

Russell pun sangat bersemangat untuk mendapatkan vaksin tersebut. Ia bercerita kalau dirinya sangat rindu bertemu teman-teman dan bermain bersama.

"Saya tidak sabar melihat mereka dan bisa bermain tanpa menggunakan masker," katanya.

Jika Vaksin Pfizer terbukti aman pada kelompok usia 5 hingga 11 tahun, maka tim peneliti akan segera memberikan vaksin kepada peserta studi yang menerima plasebo. Para peneliti cukup yakin hasil studi sudah bisa didapat pada pertengahan 2021.

Baca juga: Pfizer Uji Klinis Pil Covid-19, Tersedia untuk Umum Akhir 2021 

Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Reuters)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini