Sering Stres, Ini Tips Lakukan Self Healing Alami

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 612 2425598 sering-stres-ini-tips-lakukan-self-healing-alami-mMnCFcYoTK.jpg Stres (Foto: India times)

DALAM hidupnya setiap manusia memiliki bermacam-macam masalah yang sering menimbulkan stres. Seperti masalah keuangan, hingga belum menemukan jodoh yang pas padahal usia mulai menua.

Jika sudah stres berat bahkan depresi maka seseorang perlu bantuan psikolog. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya tubuh bisa melakukan self healing.

Ketika seseorang mengalami masalah, terluka, atau sakit, maka ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk sembuh.

Dilansir dari Ptspecialized, penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah perubahan sederhana bisa berdampak besar pada kesehatan seseorang. Berikut lima tips melakukan self healing secara alami.

 tidur

1. Tidur cukup

Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun masyarakat sering abai dan kurang waktu tidur. National Institutes of Health merekomendasikan 9-10 jam sehari untuk remaja dan 7-8 jam sehari untuk orang dewasa. Mendapatkan jumlah tidur yang tepat tidak hanya akan membantu tubuh untuk sembuh tetapi juga akan memungkinkannya berfungsi secara efisien.

2. Minum banyak air putih

Ketika tidak mendapatkan cukup air, maka tubuh memasuki keadaan dehidrasi yang dapat menyebabkan penyembuhan lebih lambat dan meningkatkan kelelahan. Air putih berperan besar dalam mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel dalam tubuh serta memberikan perlindungan bagi organ dan jaringan tubuh. Ini menghilangkan limbah, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan pelumasan di sekitar sendi kita.

3. Konsumsi makanan bergizi

Makanan padat gizi tinggi kaya akan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral, dan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Sementara makanan yang memiliki kepadatan nutrisi tertinggi adalah sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam dan sayuran termasuk brokoli, kacang polong, bit, bawang merah, dan paprika.

4. Sering berpikir positif

Ketika seseorang mengalihkan pikiran ke aspek yang lebih positif dalam hidup, maka Anda sebenarnya dapat mengubah cara tubuh merespons rasa sakit. Berpikir positif dapat didefinisikan sebagai berfokus pada apa yang baik tentang diri, orang lain, dan dunia di sekitar Anda. Beberapa cara untuk meningkatkan pemikiran positif adalah memilih kata-kata dengan konotasi yang lebih baik karena akan mengubah cara berpikir tentang situasi.

5. Berolahraga secara rutin

Olahraga teratur sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik seseorang. Olahraga juga meningkatkan energi dengan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk tidur. Berolahraga juga akan membantu meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dengan merangsang berbagai bahan kimia di otak yang membantu seseorang merasa lebih santai dan bahagia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini