Vaksin Novavax Catatkan Efikasi 90% Lebih, Mampu Hadapi Varian Baru

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 612 2425649 vaksin-novavax-catatkan-efikasi-90-lebih-mampu-hadapi-varian-baru-7b74VRelgQ.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

MESKIPUN saat ini sudah banyak vaksin Covid-19 beredar dan dibuat, tapi jumlahnya masih belum cukup. Oleh karena itu, masih banyak perusahaan mengembangkan vaksin Covid-19.

Nah, Novavax Inc. perusahaan produsen vaksin berbasis di Maryland, Amerika Serikat, menyebut dalam uji klinis tahap terakhir yang berbasis di Amerika, vaksin Covid-19 yang mereka produksi menunjukkan persentase efektif lebih dari 90 persen terhadap berbagai varian virus corona.

Mengutip Reuters, trial ini sendiri melibatkan sekitar hampir 30.000 orang sukarelawan di Amerika Serikat dan Meksiko. Dengan ini, menempatkan Novavax di jalur untuk mengajukan otorisasi darurat di Amerika Serikat dan di tempat lain pada kuartal ketiga 2021.

Vaksin Covid-19 berbasis protein yang dikembangkan tersebut dikatakan Novavax, hadir dengan efikasi lebih dari 93% efektif melawan varian virus corona dominan yang lebih mudah menular yang saat ini menimbulkan kekhawatiran.

Seperti yang dikatakan oleh kepala penelitian dan pengembangan Novavax, Dr. Gregory Glenn, contohnya virus varian yang pertama kali diidentifikasi di Brasil, Afrika Selatan, dan India.

“Varian terkait yang pertama kali diidentifikasi di Brasil, Afrika Selatan, dan India juga terdeteksi di antara peserta uji coba,” ujar Dr. Gregory Glenn.

Dari keterangan Dr. Gregory Glenn vaksin Novavax ini didapati 91 persen efektif di antara sukarelawan yang berisiko tinggi terkena infeksi parah dan 100 persen efektif dalam mencegah kasus Covid-19 tipe sedang dan berat kira-kira 70 persen efektif melawan varian virus yang tidak dapat diidentifikasi Novavax.

Vaksin dari Novavax ini diketahui merupakan tipe vaksin berbasis protein, pendekatan konvensional yang menggunakan potongan virus yang dimurnikan untuk memacu respons kekebalan, seperti yang digunakan untuk melawan batuk rejan dan herpes zoster.

Novavax menyebutkan vaksin buatannya umumya cukup baik diterima oleh tubuh. Efek sampingnya meliputi sakit kepala, kelelahan dan nyeri otot ringan. Hanya sedikit peserta yang mengalami efek samping yang digambarkan sebagai kategori parah.

Untuk kuantitas produksi, Novavax tetap pada rencana untuk memproduksi 100 juta dosis per bulan pada akhir kuartal ketiga tahun ini dan 150 juta dosis per bulan pada kuartal keempat tahun 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini