Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Caranya Supaya Tidak Tertular

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 481 2425867 pasien-covid-19-isolasi-mandiri-di-rumah-ini-caranya-supaya-tidak-tertular-3KlSOPND9T.jpg Ilustrasi pasien covid-19 menjalani isolasi mandiri di rumah. (Foto: Freepik)

BANYAK pasien terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah karena rumah sakit rujukan penuh. Langkah ini mesti dilakukan dengan sangat hati-hati, sebab jika melanggar protokol kesehatan secara ketat justru bisa menularkan ke anggota keluarga yang lain di dalam rumah.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat melakukan isolasi mandiri di rumah agar anggota keluarga yang sehat tidak tertular.

Baca juga: Terpaksa Isolasi Mandiri di Rumah Dampak RS Penuh, Ikuti Tata Cara Aman Ini 

Pakar penyakit menular Oksana Pyzik mengatakan salah satu hal utama adalah memastikan ventilasi di rumah berjalan dengan sangat baik. "Sebab, penyakit ini bisa menular di ruangan tertutup," jelasnya, seperti dilansir laman HuffPost.

Di sisi lain, lanjut dia, sekalipun tinggal satu atap dengan pasien covid-19 dan melakukan kontak dekat, tidak otomatis akan terinfeksi. Pasalnya, banyak kasus hanya 1 orang yang positif, selebihnya tetap negatif covid-19.

"Penelitian di New York menunjukkan bahwa sekira 38 persen kontak keluarga dinyatakan positif. Ini sebanding dengan tingkat infeksi sekunder yang dilaporkan di China," terang Pyzik.

Isolasi mandiri. (Foto: Prostooleh/Freepik)

Meski begitu, protokol kesehatan secara ketat wajib dijalankan sebagai bentuk "vaksin" yang diakui paling ampuh. Ini benar, karena bagaimana pun ada risiko di sana.

Baca juga: Kebanjiran Pasien Covid-19, Lobi Wisma Atlet Penuh Sesak 

Selain menjalankan protokol kesehatan, Pyzik punya saran untuk mengurangi risiko 38 persen penularan covid-19 di rumah. Misalnya dengan selalu membuka jendela dan pastikan menjaga jarak dengan pasien covid-19.

"Menutup dudukan toilet sebelum menyiram juga dapat mengurangi aerosol yang mengandung virus yang mungkin ada di sirkulasi kamar mandi," terang Pyzik.

Lebih lanjut, Profesor Sally Bloomfield dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menyarankan agar sering-sering cuci tangan dan membersihkan area di rumah yang sering disentuh bersama-sama.

"Pasien covid-19 akan mengeluarkan droplet yang bisa saja menempel di permukaan benda dan biasanya pasien secara tidak sengaja menyentuh mulut atau hidung mereka yang dikhawatirkan ada virus di tangan mereka dan disebarkan lewat permukaan benda," ujar Prof Bloomfield.

Baca juga: Humas Wisma Atlet: Keterisian Pascalibur Lebaran dari 900 Jadi 4.500 Pasien 

Dia menambahkan, perlu dilakukan juga oleh anggota keluarga yang sehat dan tinggal serumah dengan pasien covid-19 adalah memisahkan toilet, gunakan handuk yang berbeda, alat makan yang berbeda juga perlu dilakukan.

Pakar kesehatan lain sangat menyarankan agar pasien covid-19 tetap menggunakan masker di dalam rumah. Ini dilakukan untuk melindungi anggota keluarga lainnya dari infeksi covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini