Bau Tak Sedap Urin Bisa Menandakan Penyakit, Apa Saja?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 481 2426073 bau-tak-sedap-urin-bisa-menandakan-penyakit-apa-saja-R7FEFPvkGz.jpg Urin bau (Foto: The health site)

BEBERAPA orang mungkin berpikir, bau tak sedap itu datang dari makanan yang dikonsumsi. Padahal, tidak hanya makanan yang bisa menyebabkan urin bau. Beberapa penyakit juga dapat menjadi pemicunya.

Urin sendiri adalah limbah cair tubuh hasil eksresi ginjal yang menyaring racun dari darah. Urine mengandung air, garam, urea, dan asam urat. Urea dikeluarkan dalam bentuk keringat melalui tubuh, sedangkan asam urat merupakan hasil metabolisme urine.

 urin

Biasanya bau urine tidak terlalu tajam. Bila sampai berbau amonia, itu biasa terjadi dan sebagian besar tidak berbahaya. Namun, ada kalanya urine berbau menandakan adanya masalah kesehatan.

Melansir laman Channel News Asia, berikut ini adalah beberapa kondisi penyakit yang menyebabkan urin berbau menyengat.

1. Infeksi saluran kemih

Jika Anda mengalami penyakit ini, urin akan berbau fishy atau amis. Bau aneh bisa menunjukkan infeksi saluran kemih atau ISK yang dapat terjadi pada pria dan wanita, terutama jika infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri, Aerococcus urinae, menurut Medical News Today.

Bis jadi ada gejala lain selain bau urin yang tidak sedap, termasuk sensasi 'terbakar' saat buang air kecil, urin keruh atau berdarah, kebutuhan untuk buang air kecil segera atau sering, sakit perut bagian bawah atau punggung dan demam ringan.

2. Infeksi vagina

Sama seperti ISK, jika mengalami infeksi vagina urin akan berbau fishy. Saat mengalami infeksi vagina, juga akan membuat daerah bawah Anda terasa seperti terbakar saat buang air kecil.

Tapi pada infeksi vagina juga terasa sakit saat berhubungan seks.Bau amis juga memburuk setelah berhubungan seks. Gejala lain termasuk gatal pada vagina atau vulva, atau keluarnya cairan kental dan seperti susu.

3. Diabetes

Akan tercium bau manis seperti buah yang terlalu matang pada urin jika Anda menderia diabetes.

Ini karena tubuh berusaha membuang kelebihan gula darah dan membuangnya lewat urine yang membuatnya berbau manis.

Waspadai tanda-tanda lain, termasuk sering buang air kecil terutama di malam hari, rasa haus yang intens, kelelahan, penyembuhan luka yang lambat, penglihatan kabur atau tekanan darah tinggi.

4. Fenylketonuria

Fenilketonuria atau PKU menyebabkan penurunan metabolisme asam amino fenilalanin, yang berada di balik bau urin.

Kondisi langka ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius karena penumpukan asam amino, yang berasal dari makan protein dan aspartam (pemanis buatan), sehingga dapat menyebabkan masalah neurologis.

Bau urin jika menderita penyakit ini adalah seperti kaus kaki lawas atau bau kayu busuk. Faktanya, manusia yang lahir dengan kondisi genetik ini juga akan merasakan bau apek dan berjamur pada napas dan kulit mereka. Gejala lain termasuk penurunan pigmentasi kulit, cacat intelektual, atau keterampilan sosial yang berkembang lambat.

5. Penyakit urin sirup maple

Jika bayi mengeluarkan urin yang menyerupai sirup maple, para orang tua kudu waspada dan segera bawa ke dokter. Sebab jika tak langsung ditangani dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

Bau urin yang manis dipicu oleh ketidakmampuan tubuh untuk memecah asam amino leusin, isoleusin, dan valin. Seperti fenilketonuria, penyakit langka ini dapat menyebabkan masalah otak jika kadar asam amino tidak terkontrol.

 

6. Hepatik foetor

Jika urin berbau seperti telur busuk dan bawang putih, merupakan tanda bahwa hati tidak mampu menyaring racun dan akibatnya, zat belerang masuk ke aliran darah, paru-paru dan ginjal.

Bentuk kerusakan hati yang parah ini sering menyebabkan hipertensi portal, yang mengacu pada peningkatan tekanan dalam vena portal yang membawa darah dari organ pencernaan ke hati. Akibatnya, darah tidak dapat mengalir dengan mudah melalui hati dan dicadangkan di pembuluh darah di sekitar organ.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini