Terawan Akui Sengaja Gandeng Amerika Buat Vaksin Nusantara, Kenapa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 481 2426318 terawan-akui-sengaja-gandeng-amerika-buat-vaksin-nusantara-kenapa-xVDDLwtgIo.jpg Terawan Agus (Foto : Dok Gugus Tugas Covid-19)

TERAWAN Agus Putranto akui pengembangan vaksin Nusantara sengaja melibatkan Amerika Serikat. Keputusan tersebut ternyata terkait dengan standarisasi.

Amerika Serikat yang dimaksud adalah perusahaan Aivita Biomedical yang ternyata mempunyai andil cukup besar dalam pengerjaan vaksin Nusantara yang dicap karya anak bangsa tersebut. Ya, bukan hanya melibatkan peran ilmuwan AS, tetapi juga bahan-bahan dan alat pembuatan vaksin Nusantara tidak 100 persen hasil dalam negeri.

vaksin covid-19

"Kami tidak bekerja sendiri (dalam mengembangkan vaksin Nusantara), makanya saya menggandeng Amerika supaya apa? Supaya standarisasinya sama," ungkap Terawan menjelaskan alasan melibatkan pihak AS, dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga : Kemenkes hingga TNI Hentikan Uji Klinis Vaksin Nusantara, Terawan Ngadu ke Komisi 7 DPR

Terawan melanjutkan, dengan adanya pihak Amerika Serikat, ia yakin bahwa apa yang timnya kerjaan di Indonesia itu, vaksin Nusantara, standarnya tak hanya sebatas nasional, melainkan internasional.

"Dan tujuannya di kemudian hari, dari apa yang kami kerjakan di indonesia ini, bukan sekadar standar Indonesia tapi standar yang mengacu luar negeri sehingga kita diakui oleh dunia," sambung Terawan.

Dalam rapat dengar pendapat ini, dibongkar juga bahan apa yang berasal dari Amerika Serikat dan dipakai dalam pengembangan vaksin Nusantara. Adalah larutan antigen protein (IM-5124). Selebihnya, hampir keseluruhan adalah alat dan bahan yang berasal dari Indonesia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini