Cek Fakta: Jomblo di Atas 25 Tahun Bakal Disuntik Mati!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 612 2426248 cek-fakta-jomblo-di-atas-25-tahun-bakal-disuntik-mati-ewckjXE9RI.jpg Ilustrasi Vaksin. (Foto: Freepik)

KABAR bohong alias hoax memang banyak beredar di berbagai macam platform media sosial. Memang, jika kabar hoax terjadi dalam beberapa macam bentuk, dari yang mendekati kenyataan hingga yang mungkin terdengar absurd.

Nah, akun Instagram bernama @/zonk_korea mengunggah gambar berupa tangkapan layar artikel dengan judul “Mulai Tanggal 1o Juli Para Pria Dan Wanita Di Atas Umur 25 Tahun Akan Di Suntik Mati Jika Statusnya Masih Lajang/Jomblo.

Hoax

“Mungkin ini upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona gaes, Tag Teman kamu yang masi jomblo”

Melansir Covid19.go.id, setelah dilakukan penelusuran dengan mencari index pemberitaan pada lama Pikiran Rakyat di tanggal 3 juni 2021, tidak ditemukan artikel dengan judul ataupun gambar seperti itu.

Informasi mengenai suntik mati terhadap pria atau wanita berumur di atas 25 tahun yang masih jomblo adalah hoaks lama, yang sudah beredar sejak 2017 dan terdapat modifikasi dengan mencatut media Pikiran Rakyat dan disangkut pautkan dengan virus corona.

Berdasarkan penelusuran menggunakan mesin pencari yandex, ditemukan cover foto pada artikel tersebut merupakan penggabungan 2 foto, yaitu foto jarum suntik dan botol oranye bergambar tengkorak ditemukan pada artikel threepercenternation.com yang berjudul “threepercenternation.com” pada 3 Desember 2015.

Sedangkan foto wanita yang sedang disuntik merupakan foto milik detik.com yang digunakan pada artikel berjudul “100 Relawan Sudah Disuntik Vaksin Corona Sinovac di Bandung” dan tayang pada 15 Agustus 2020.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini