Pandemi Membuat Banyak Orang Rawan Alami Radang Sendi

Antara, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 612 2426290 pandemi-membuat-banyak-orang-rawan-alami-radang-sendi-OKIxy9N3x2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK kegiatan meeting atau bertemu dengan orang-orang sekarang lazim dilakukan secara online. Akibatnya banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu duduk dalam mengerjakan segala sesuatunya.

Padahal, duduk secara terus menerus bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Paling tidak, duduk diam hanya bisa dilakukan selama lebih dari 40 menit, jika tidak maka dalam jangka panjang dapat melemahkan otot di sekitar sendi.

Pakar kesehatan dari Combiphar, dr Edo Adimasta mengingatkan bahwa otot sekitar sendi mempunyai peran penting dalam mengurangi beban cepatnya keausan pada tulang rawan sendi.

"Hilangnya fleksibilitas, dan nyeri pada sendi. Karenanya nyeri sendi merupakan salah satu gejala paling sering yang dialami kebanyakan orang dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak," kata dr Edo dalam siaran persnya.

Radang Sendi

Banyaknya pekerja yang terpaksa melakukan pekerjaan dari rumah, work from home/WFH, selama pandemi Covid-19 bisa harus mewaspadai risiko tersebut. "WFH memaksa masyarakat duduk sambil bekerja dan berkegiatan dengan postur atau posisi tubuh yang tidak sesuai (tidak ergonomis), yang akan menambah risiko gangguan persendian," kata dia.

Nyeri sendi hingga radang sendi, kata dr Edo, bisa muncul akibat obesitas yang terjadi karena gaya hidup yang kurang bergerak.

"Tak hanya itu, potensi obesitas yang timbul akibat kurang bergerak, juga ikut berperan sebagai salah satu faktor risiko terjadinya keausan atau radang pada sendi. Karenanya, jangan takut untuk tetap berolahraga walaupun sudah mengalami gejala radang sendi," katanya.

Dengan memasukkan olahraga ringan dan mengubah pola makan ke dalam rutinitas harian, dapat secara alami menurunkan berat badan dan mengurangi tekanan pada persendian.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini