Selain Pempek, Ini Makanan Khas Palembang yang Wajib Dicicipi

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 298 2426861 selain-pempek-ini-makanan-khas-palembang-yang-wajib-dicicipi-Gpo53IK7py.jpg Tekwan makanan khas Palembang. (Foto: Instagram @idebekal)

PALEMBANG merupakan salah satu kota tertua dan bersejarah di Indonesia. Diresmikan pertama kali pada 17 Juni 683, berarti kota ini telah berusia lebih dari 1.300 tahun.

Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang juga telah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia, mulai dari wisata sejarah hingga wisata kuliner. Salah satu makanan yang populer tentu saja pempek.

Tapi sebenarnya kuliner Palembang bukan hanya pempek. Ada banyak makanan asli dan khas kota yang menjadi pusat dari Kerajaan Sriwijaya ini yang wajib dicicipi jikalau berkunjung.

Nah, apa saja makanan khas Palembang selain pempek tersebut? Berikut lima di antaranya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Resep Aneka Bakcang, Kuliner Tradisional Masyarakat Tionghoa 

1. Mi celor

Bagi Anda yang menyukai sensasi makanan dengan rasa pedas, wajib coba mi celor yang banyak di Jalan Merdeka, Talang Semut, Kecamatan Ilir Barat, Palembang.

Mi celor adalah salah satu sajian khas Palembang yang mempunyai cita rasa cukup pedas. Ini menjadikan mi celor banyak diminati oleh wisatawan.

Adapun mi celor mempunyai bentuk dan rupa yang hampir sama dengan jenis mi asal Jepang yaitu udon. Namun yang menjadi perbedaan adalah siraman kuah kental pedas dan berbagai macam topping yang membuat mi celor lebih kaya rasa. Inilah yang menjadikannya salah satu kuliner wajib dicoba saat berada di Palembang.

Mi celor khas Palembang. (Foto: Instagram @yantiliaw)

Baca juga: Rekomendasi Kuliner di Daerah Jatinegara! 

2. Godo-godo

Godo-godo adalah makanan khas Palembang yang sekilas mirip pempek. Bedanya jika pempek menggunakan adonan ikan, godo-godo memakai adonan udang.

Ketika berada di Palembang, Anda akan banyak menjumpai penjual godo-godo yang menggunakan gerobak dorong layaknya bakso.

Adapun jajanan tersebut bisa dimakan secara kering ataupun ditambah kuah cuko layaknya pempek, tergantung selera masing-masing.

Godo-godo khas Palembang. (Foto: Instagram @fransciskasiska)

3. Tekwan

Selain godo-godo, kuliner khas Palembang yang memiliki kesamaan dengan pempek adalah tekwan. Sama-sama menggunakan adonan ikan, tapi yang menjadi perbedaan adalah adonan tekwan dibuat berbentuk bulat dan dihidangkan bersama kuah kaldu udang.

Selain itu, di dalam semangkuk tekwan terdapat berbagai tambahan topping yang menarik. Di antaranya adalah bihun, bakso ikan, jamur kuping, daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng. Makanan yang satu ini dapat disantap saat malam hari sembari menyaksikan pemandangan Kota Palembang.

Tekwan khas Palembang. (Foto: Instagram @idebekal)

Baca juga: Lemang, Kuliner Khas Medan Paling Diburu saat Ramadhan 

4. Sate sapi cucuk manis

Berbeda dengan sate pada umumnya yang biasanya terbuat dari daging ayam dan kambing, di Palembang, Anda bisa menemukan olahan sate yang terbuat dari daging sapi. Makanan ini juga sudah sangat terkenal oleh para wisatawan karena keunikan pada penggunaan dagingnya tersebut.

Memiliki nama sate sapi cucuk manis, penganan ini mempunyai tekstur daging yang padat dan lembut. Rasa manis dari sate tersebut membuatnya lebih unik lagi. Selain itu, sate sapi cucuk manis disajikan tanpa menggunakan bumbu kacang seperti kebanyakan sate.

Jika ingin mencicipi kuliner sate khas Palembang ini, Anda bisa menemukannya di Jalan KH Azhari, Tujuh Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Sate sapi cucuk manis khas Palembang. (Foto: Instagram @brklu_dicelsna)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini