6 Jenis Infeksi Kulit, Wajib Tahu untuk Penanganan yang Tepat

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 481 2426946 6-jenis-infeksi-kulit-wajib-tahu-untuk-penanganan-yang-tepat-qca8bGhlSG.jpg Ilustrasi infeksi kulit. (Foto: Valuavitaly/Freepik)

INFEKSI kulit ternyata memiliki jenis yang berbeda. Tidak semua infeksi kulit sama, demikian juga dengan penanganannya. Harus diketahui secara jelas agar cepat mengatasinya.

Infeksi kulit biasanya ditandai rasa lebih mengganggu daripada panas dan keringat. Lalu bisa berupa kondisi kulit seperti biang keringat, folikulitis, dan kutu air. Tapi jangan takut, infeksi kulit dapat dicegah dan diobati.

Seperti dilansir laman Feminaindia, berikut jenis-jenis infeksi kulit yang umum terjadi dan cara mencegah atau mengobatinya.

Baca juga: Hati-Hati saat Berkebun, Penyakit Kulit Mengerikan Ini Bisa Mengancam Anda 

1. Tinea cruris dan tinea corporis

Umumnya dikenal sebagai kurap, infeksi kulit akibat jamur ini sebagian besar muncul seperti bentuk cincin yang gatal kering dengan kliring sentral. Lokasi kulit yang sering terkena infeksi kurap adalah selangkangan, ketiak, dan lipatan kulit lainnya. Mungkin disertai folikulitis bakteri karena garukan.

2. Pitiriasis versikolor

Pitiriasis versikolor ditandai dengan bintik-bintik kering bulat kecil berwarna putih atau hitam di tubuh bagian atas seperti dada, punggung, bahu, dan wajah. Kondisi ini tidak menunjukkan gejala lain.

Ilustrasi infeksi kulit. (Foto: Medicalnewstoday)

3. Kaki atlet

Ini adalah salah satu jenis infeksi kulit yang umum terjadi saat musim panas. Kaki atlet adalah infeksi jamur yang terjadi pada orang yang memakai sepatu ketat untuk waktu lama. Keringat bisa membuat kulit bersisik dan gatal.

4. Miliaria

Miliaria juga disebut biang keringat atau ruam panas. Miliaria ditandai dengan ruam yang muncul sebagai lepuh kecil atau benjolan merah. Jenis infeksi kulit ini biasanya disertai dengan rasa gatal.

Baca juga: Dicakar Kucing, Wajah Wanita Ini Mendadak Menyeramkan 

5. Folikulitis

Folikulitis terjadi sebagai ruam berbentuk kubah dengan permukaan berkerak, dan lubang rambut atau folikel di tengahnya. Terkadang disertai kemerahan.

6. Bisul

Area lunak dengan cepat berkembang menjadi nodul bengkak dan nyeri yang berdiameter 2 hingga 3 sentimeter. Bisul dapat mengeluarkan nanah, dan mungkin ada demam ringan serta nyeri tubuh.

Adapun perawatan umum untuk berbagai jenis infeksi kulit adalah sebagai berikut:

- Untuk infeksi jamur, Anda akan diberi resep krim antijamur dan obat antigatal, dengan atau tanpa obat antijamur oral.

- Infeksi bakteri akan membutuhkan krim antibakteri topical dengan atau tanpa antibiotik. Dalam kasus yang parah, sayatan dan drainase mungkin diperlukan.

- Miliaria dapat diobati dengan lotion kalamin, vitamin C, dan zat seng.

- Gel antibakteri dan benzoil peroksida membantu mengobati jerawat tropis.

Ingatlah bahwa dokter kulit akan dapat memberi tahu Anda semua tentang pilihan perawatan serta dosis dan penggunaan obat. Hindari self-diagnosis dan pengobatan sendiri.

Baca juga: 5 Bahan Alami Masker Wajah, Murah dan Bikin Kulit Makin Cerah Terawat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini