Yuk Perbaiki Mood dengan Konsumsi 3 Vitamin Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 23:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 481 2426971 yuk-perbaiki-mood-dengan-konsumsi-3-vitamin-ini-8bDsu2YrQi.jpg Ilustrasi mood. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

MENGONSUMSI makanan dan minuman bergizi serta penuh vitamin adalah langkah penting untuk kesehatan. Sebagian orang yang kekurangan gizi, seperti asupan nutrisi tidak cukup, akan membuat mood atau suasana hati jadi tidak baik serta memengaruhi tingkat kecemasan.

Dikutip dari laman Times Now News, asupan makanan yang rendah dan kekurangan mikronutrien seperti vitamin D, vitamin B12, hingga asam lemak omega-3 dikaitkan dengan penurunan fungsi suasana hati.

Baca juga: Daftar Vitamin dan Mineral untuk Membantu Mengatasi Cemas 

"Orang tidak menyadari pentingnya nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin D, B12, karbohidrat, protein, magnesium, zat seng, zat besi, folat, dan selenium dalam makanan sehari-hari. Tes rutin untuk nutrisi semacam itu untuk mendiagnosis kekurangan nutrisi akan membantu mempertahankan pola hidup sehat," kata dr Sanjay Ingle, ahli patologi zona dan kepala teknis Apollo Diagnostics India.

Oleh karena itu, nutrisi yang baik membantu memproduksi bahan kimia di otak, yakni diperlukan untuk mengatur suasana hati dan perilaku dengan benar. Berikut tiga vitamin yang wajib dikonsumsi agar memperbaiki mood atau suasana hati.

1. Vitamin B12

Asupan vitamin B12 yang cukup membantu menjaga kesehatan fungsi otak, jaringan saraf, dan produksi sel darah merah. Anda bisa mengembangkan masalah mental jika memiliki kadar B12 yang sangat rendah dan secara alami ditemukan pada daging, ikan, serta produk susu.

Orang yang tidak makan daging, seperti vegan, bisa mendapatkan vitamin B12 dalam bentuk suplemen. Kemudian juga beberapa jenis sereal sarapan dan susu diperkaya dengan B12.

Baca juga: 4 Jenis Vitamin yang Perlu Dikonsumsi saat Pandemi 

2. Vitamin D

Diperlukan untuk produksi neurotransmitter, dan kadar yang rendah telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan sejumlah gejala kesehatan mental lainnya. Vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tubuh Anda menghasilkan vitamin D sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Selain itu, dapat meningkatkan asupan melalui makanan atau suplemen tertentu seperti kuning telur, ikan berlemak, keju, sereal, dan jus.

3. Asam lemak omega-3

Lemak omega-3 dan lemak n-3, asam lemak omega-3 menawarkan banyak manfaat bagi otak dan tubuh Anda. Dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, melawan peradangan dan penyakit autoimun. Hal ini mendukung fungsi otak yang sehat.

Kemudian rendah asupan jenis lemak ini dapat menyebabkan suasana hati tidak stabil, depresi, kecemasan, dan fokus yang buruk.

Ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan makarel merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Sumber makanan lain termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan tiram.

Baca juga: Cita Citata Alami Gejala Autoimun, Ini Dampak Konsumsi Suplemen Vitamin Berlebihan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini