Share

Jerome Polin VS Jang Hansol, Siapa yang Lebih Jawa?

MNC Media, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 612 2426538 jerome-polin-vs-jang-hansol-siapa-yang-lebih-jawa-OGD9Sk1aoe.jpg Jerome Paul dan Jang Hansol. (Foto: Youtube)

BELUM tentu semua orang yang tinggal di Jawa jago bicara Bahasa Jawa. Terlebih lagi terdapat bahasa yang berbeda-beda dari berbagai wilayah di Jawa. Bagi kamu yang ngaku handal dalam berbahasa Jawa, yuk simak battle antara dua konten kreator di bawah ini!

Jerome Polin merupakan mahasiswa sekaligus konten kreator yang saat ini sedang menjalankan pendidikan perguruan tinggi di Jepang. Jerome kembali membuat konten seru seputar lomba pengetahuan yaitu “Battle Bahasa Jawa”.

Kali ini Jerome mengundang Jang Hansol, konten kreator asal Korea yang lama tinggal di Malang. Hansol pun sering disebut sebagai orang Korea yang medhok, saking lamanya ia tinggal di Pulau Jawa.

Pada tahun 2019, Jerome dan Hansol pernah melakukan “Battle Bahasa Jawa” saat keduanya berada di Indonesia. Pertandingan tersebut pun dimenangkan oleh Hansol. Kali ini, Jerome kembali menantang Hansol melakukan pertandingan serupa menggunakan soal-soal yang lebih menantang.

Pertandingan ini pun dipandu oleh Jehian Panangian Sijabat yaitu manager dari Jerome dan Hansol. Jehian juga yang akan menjadi juri dari lomba tersebut.

Jerome Paul

Pada ronde pertama, soal yang akan dilontarkan memiliki topik yang unik yaitu suara hewan. Pertanyaan pertama pun langsung membuat Jerome dan Hansol kebingungan, mereka harus menjawab sebutan Bahasa Jawa untuk suara nyamuk.

Jerome pun akhirnya memberanikan diri untuk menjawab “nging” sambil menirukan bunyi nyamuk. Jehian pun kaget mendengar jawaban benar dari Jerome tersebut, karena jawaban yang tepat adalah “nging-nging”. Jerome mengaku tak menyangka ia menjawab jawaban yang benar.

“Aku kepikiran lah ‘nging-nging’ cuma aku gak ngira jawabannya bakalan ‘nging-nging’ gitu” tutur Hansol.

Selanjutnya, Jehian melemparkan pertanyaan kedua yaitu suara serigala. Jerome pun langsung menjawab “au au” namun rupanya jawabannya salah. Setelah keduanya tidak berhasil menjawab, Jehian pun mengungkapkan jawabannya yaitu “mbaung”.

Di ronde kedua, topik yang dipilih adalah aksara Jawa. Bagi yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan 20 poin. Kemudian di ronde ketiga ada soal-soal pengetahuan tentang Jawa.

Siapa yang kira-kira berhasil memenangkan Battle Bahasa Jawa tersebut? Yuk tonton selengkapnya hanya di YouTube channel Nihongo Mantappu!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini