3 Penyakit di Area Kelamin Pria yang Bisa Jadi Kanker

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 612 2426698 3-penyakit-di-area-kelamin-pria-yang-bisa-jadi-kanker-osYpUMWsw2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PRIA memang biasanya cenderung mengabaikan masalah kesehatan, sampai penyakit tersebut sangat mengganggu tubuhnya. Tapi ada satu masalah yang biasanya tidak diabaikan, malah cenderung panik.

Apalagi kalau bukan seputar masalah kelamin. Nah, berikut adalah beberapa penyakit seputar kelamin yang biasanya terjadi pada pria. Bisa jadi, ini merupakan peringatan dini penyakit mematikan seperti kanker.

Berikut gejala-gejala penyakit kelamin yang bisa saja menyebabkan kanker, seperti dikutip Okezone dari Thesun.

Testis

Sakit saat buang air kecil

Rasa sakit saat pipis atau kesulitan saat buang air kecil juga merupakan salah satu gejala yang tak boleh dianggap remeh. Anda harus cepat berkonsultasi atau melakukan pemeriksaan ke dokter. Apalagi, jika ditambah rasa selalu ingin buang air kecil di malam hari, bisa jadi itu gejala dari kanker prostat.

Ada darah di kotoran atau urine

Darah di kotoran atau feses adalah salah satu tanda peringatan yang segera harus ditangani serius. Gejala ini akan menjadi masalah besar ketika dibarengi sembelit atau intensitas buang air yang tak biasanya. Walau ada kemungkinan gejala wasir atau ambeien, akan tetapi kemungkinan terburuknya adalah kanker usus.

Benjolan Kantong Testis

Jika Anda melihat adanya benjolan di area testis, itu bisa menjadi tanda peringatan kanker testis. Ini adalah jenis kanker yang menyerang pria dewasa muda. Karenanya, periksa ke dokter sedini mungkin. Tidak perlu malu, karena jika dibiarkan bisa menjadi berbahaya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini