Share

Tak Hanya Merawat Kulit, Mandi Air Dingin Juga Tingkatkan Kesuburan Pria Loh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 612 2426720 tak-hanya-merawat-kulit-mandi-air-dingin-juga-tingkatkan-kesuburan-pria-loh-IFbkhbuGqB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MANDI air dingin memang baik untuk tubuh, apalagi setelah kita berolahraga. Mandi air dingin pun kerap direkomendasikan jika seseorang mengalami gangguan tidur.

Selain itu, mandi air dingin juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme, bahkan membuat Anda tampak lebih menarik. Tapi bagi pria mandi air dingin memiliki keunggulan tersendiri, apa itu?

Seperti dirangkum dari laman 33fuel, beberapa bukti menunjukkan paparan suhu air yang tinggi, seperti mandi air panas, jacuzzi, dan pancuran air panas, dapat menurunkan kesuburan pria. Testis membutuhkan air yang sejuk atau dingin untuk beroperasi secara optimal.

Mandi

Selain itu, mandi air dingin telah terbukti memperbaiki rambut dan kulit. Anda bahkan akan merasakan setelah mandi air dingin, maka kulit menjadi lebih terawat.

Nah, selain untuk fisik Anda, kualitas tidur juga akan lebih baik setelah mandi air dingin. Mandi air dingin satu jam sebelum tidur, akan menurunkan suhu tubuh dan menenangkan pikiran.

Mandi air dingin dapat membantu sistem kekebalan tubuh dengan beberapa cara. Paparan air dingin memicu pelepasan norepinefrin anti-inflamasi yang bermanfaat untuk tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa perenang air dingin memiliki adaptasi yang lebih baik terhadap stres oksidatif. Sementara penelitian lain menjelaskan, berenang di air dingin bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini